Capai 20.409 Rumah Tangga Miskin, Angka Kemiskinan di Palembang Tinggi

 532 total views,  2 views today

 

ilustrasi | Dok KS

ilustrasi | Dok KS

PALEMBANG – Angka kemiskinan di Kota Palembang masih terbilang tinggi, hal ini merujuk dari data penerima Dana Program Keluarga Harapan (PKH) pada tahun 2014. Tingginya angka kemiskinan di Kota Palembang ini diakui oleh Kabid Bantuan dan Sosial, Dinas Sosial (Dinsos) Palembang, Juana Ria.

Menurutnya, berdasarkan data penerima PKH di Kota Palembang ada sebanyak 20.409 Rumah tangga miskin (RTM), dari angka tersebut katanya, berasal dari 16 Kecamatan yang ada di Metropolis.

Dikatakannya, penerima PKH yang paling banyak berasal dari Seberang Ulu (SU) I dengan total penerima 4.965 RT, kemudian disusul Kecamatan Kertapati dengan persentase 3.753 RT,. “Artinya di dua Kecamatan itu paling banyak warga miskin,”katanya.

Juliana menyebutkan, sedikitnya Kemensos RI harus menggelontorkan dana sekitar Rp 7 miliar setiap tahunnya untuk memberikan PKH bagi 20.409 RTM di Palembang.

Lebih lanjut Juliana menjelaskan, untuk dana PKH tersebut hingga saat ini belum bisa dicairkan “Untuk PKH tahap I seharusnya sudah cair pada April, tapi karena ada kendala di kemensos tahap I baru bisa di cairkan di Juli, “katanya, Selasa (1/7).

Kata Juliana, untuk proses pencairan dana PKH tersebut, sepenuhnya menjadi wewenang Kemensos RI. Menurutnya, pihaknya hanya menyalurkan saja dan Kemensos RI juga lakukan kerjasama dengan PT Pos dalam melakukan penyaluran.

“Jadi setiap RT yang terdaftar didalam PKH. Maka akan mengambil dana tersebut di PT Pos terdekat diwilayahnya,”katanya.

Sementara itu, Kepala Dinsos Palembang, Faizal AR mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima pihaknya dari Pusat. Dana PKH bagi RTM akan dicairkan dalam 3 tahap berbeda.

“Yang pertama tanggal 5 Juli, pencairan untuk wilayah SU I dan SU II, kemudian tahap kedua akan dilakukan pada 10 Juli dan terakhir 14 Juli. Insya Allah penerima PKH dari 16 Kecamatan Palembang akan merimanya sebelum lebaran. Maksimal tanggal 14 sudah mereka terima dana itu,”katanya.

Sambung Faizal, besaran dana yang akan diterima RTM tersebut berbeda-beda, yang pasti katanya, setiap tahun RTM akan menerima uang sebesar Rp 2,8 juta yang akan dibagikan dalam 4 tahap.

“Biasanya dibagikan dalam 4 tahap, tidak tahun 2014 ini, karena pencairan sudah terlambat. Dana ini diberikan adalah untuk membantu biaya pendidikan anak dan pemenuhan makanan bagi anak yang berasal dari keluarga tidak mampu,”bebernya.

Sementara itu, salah satu RTM penerima dana PKH di wilayah Kertapati, A Mawardi mengatakan, dana yang berasal dari Pemerintah Pusat tersebut sangat diharapkan, apalagi sekarang sudah memasuki tahun ajaran baru. Pasti katanya, memerlukan biaya yang cukup besar.

“Kami harapkan dana PKH cepat dicairkan, karena kebutuhan sangat besar. Dengan dana itu bukan hanya untuk pendidikan anak, selain itu juga bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi Puasa ini, bahan pokok naik semua,”tukasnya.

 

TEKS : ALAM TRIE

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster