8000 Tablet Dextro Diamankan

 648 total views,  2 views today

Ilustrasi Ekstasi | Ist

Ilustrasi | Ist

EMPAT LAWANG – Diduga mengandung narkoba dan berpotensi disalahgunakan, peredaran pil Dextromethorphan atau dikenal “Dextro” di Kabupaten Empat Lawang distop. Setidaknya ada 8000 tablet, diamankan Distributor Dextromethorphan, Indo Farma Global Medika (IFGM) Palembang dari RSUD Tebing Tinggi, Empat Lawang.

Direktur RSUD Empat, dr Dessy Yusmiati melalui Kabid Rekam Medik, Joko Prayitno menjelaskan, penarikan pil Dextro sendiri telah mengacu pada surat edaran Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI nomor HK.041.35.07.13.3855 tahun 2013 tentang pembatalan izin edar obat dextro.

Nah, di RSUD Empat Lawang ada sekitar 80 box Dextromethorphan berukuran 15 Mg. Dimana masing-masing box berisikan 10 kaplet, dengan isi 10 tablet yang ditarik. “Kalau per butir atau tablet sekitar 8000 butir. Semua diamankan pihak IFGM,” kata Joko, Selasa (1/7).

Joko menyebut, pil Dextro jika dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan efek mabuk, layaknya penggunaan narkotika. Ini terangnya, kerap dilakukan pemuda di Kabupaten Empat Lawang. “Sudah diserahkan oleh apoteker ke tim  IFGM, kita juga mendata lagi, jika masih ada yang beredar di masyarakat,” jelas Joko.

Joko tak menampik jika pil tersebut, beredar di masyarakat. Apalagi sebut Joko, pil tersebut disinyalir mengandung narkotika dan memang sering diperjualbelikan secara terang-terangan dibeberapa desa di Empat Lawang.  “Namun jika mengacu pada izin BP POM yang sudah dicabut peredarannya, maka peredarannya dianggap ilegal,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Empat Lawang, Khoirullah merasa legah dengan dihentikannya peredaran Dextro. Menurutnya, obat tersebut sering disalahgunakan oleh masyarakat khususnya pemuda.

Padahal secara jelas, dampak negatif penggunaan obat terlarang dan tidak sesuai dosis bisa saja mematikan. “Obat ini kan mudah didapat dan murah, dengan dihentikannya izin obat ini tentu sangat menggembirakan bagi kita semua,” tukasnya.

 

TEKS              : SAUKANI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster