793 Pemilih Berada di Lapas

 286 total views,  2 views today

Ilustrasi Pemilu 9 April 2014 | Dok KS

Ilustrasi Pemilu 9 April 2014 | Dok KS

MUARAENIM – Dari 536.090 pemilih di Muaraenim yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, 793 pemilih diantaranya berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Muaraenim.

Hal itu diungkapkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muaraenim Divisi Teknis, Ahyaudin, Selasa (1/7). “Ada 793 pemilih di Lapas, rinciannya 770 pria dan 23 wanita,” kata Ahyaudin ketika dibincangi di ruang kerjanya, kemarin.

“Pemilih yang terdata dalam DPT Lapas sebanyak 793 orang terdiri 770 laki-laki dan 23 perempuan,” tutur Ahyaudin selaku Komisioner KPUD Muaraenim Divisi Teknis kepada Kabar Sumatera, kemarin (1/7).

Dikatakan Ahyaudin, di Lapas Muaraenim telah disiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus yakni TPS 6 Desa Muara Lawai, Kecamatan Muaraenim. “Dalam Pilpres ini hanya satu TPS saja, sementara di Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) lalu ada dua TPS di Lapas,” jelasnya.

Kenapa hanya satu TPS, Ahyaudin menjelaskan, kalau Pileg lalu jumlah pemilih per TPS maksimal 200 pemilih sehingga disiapkan dua TPS sebab ada 500 pemilih di Lapas.  Sementara di Pilpres sebutnya, batas maksimal pemilih per TPS sebanyak 800 pemilih.

Sedangkan jumlah warga binaan Lapas Muaraenim, yang masuk dalam DPT sebanyak 793 pemilih, sehingga hanya disiapkan satu TPS. “Aturannya, berdasarkan Peraturan KPU  (PKPU) Nomor 9 tahun 2014,” jelas Ahyaudin seraya menyebutkan petugas TPS di Lapas ditunjuk dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Muara Lawai, yakni petugas Lapas itu sendiri.

Sementara itu, Ketua KPU Muaraenim Rohani menghimbau kepada warga binaan Lapas Kelas II B Muaraenim, dapat menggunakan hak pilihnya. “Di Lapas Muaraenim telah disiapkan TPS khusus yakni TPS 6. Diharapkan, warga binaan dapat memberikan  hak pilihnya dalam Pilpres. Semoga pilihannya itu, sesuai dengan hati nurani tanpa ada paksaan,” tukasnya.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster