Rencana Mutasi Jabatan, Kepsek di Empat Lawang Ketar-Ketir

 251 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG – Adanya rencana mutasi jabatan kepala sekolah (kepsek) di jajaran Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Empat Lawang, membuat sejumlah kepsek di Empat Lawang, ketar-ketir. Informasi yang dihimpun, mutasi kepsek SMA/SMK di Empat Lawang ini akan dilakukan besar-besaran.

Tak tanggung tanggung, diprediksi sekitar 50 persen kepsek yang lama akan lengser dari jabatannya. Bahkan beberapa kepsek, sudah tahu kemana akan bergeser, ada juga mendapatkan informasi tak lagi menjabat namun diberi amanah untuk sebagai pengawas sekolah atau di rolling ke ke sekolah lainnya.

“Infonya sudah lama kok, malah infonya akan dilakukan sebelum mutasi Kepala Disdik Empat Lawang,” kata salah seorang kepsek di Kabupaten Empat Lawang yang namanya tidak mau disebutkan, ketika dibincangi, Senin (30/6).

Kepsek tadi mengaku  siap menerima, apabila tidak lagi menjabat sebagai kepsek. Sebab menurutnya, di usia yang terbilang senior, jabatannya perlu dilanjutkan oleh juniornya yang telah layak. Namun ia berharap pergantian kepsek bukan didasari nepotisme, misalnya kedekatan ataupun ada sogokan ke pihak tertentu.

Pergantian kepsek juga sebutnya, perlu dilakukan sebagai  penyegaran dalam organisasi dan juga promosi. Tetapi promosi dan penyegaran tadi konteksnya terang dia, harus dengan pertimbangan prestasi bukan embel-embel yang lain. “Kalau mutasi didasari nepotisme kami tolak, apalagi karena sogokan,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Disdik Kabupaten Empat Lawang, Agusni Effendi ketika dikonfirmasi memastikan, mutasi belum dilakukan dalam satu minggu kedepan. Namun menurutnya, evaluasi terhadap kinerja kepsek memang sedang berjalan, dan tim yang melaksanakan evaluasi secara ketat.  “Masih evaluasi dulu, kalau dalam waktu dekat, besok itu belum ada mutasi,” jelas Agusni.

Agusni mengajak kepsek, tidak terpengaruh terhadap isu mutasi yang dihembuskan. “Semuanya harus bekerja dan tunjukkan kinerja baik, untuk membangun Empat Lawang. Sebab, setiap penilaian itu pasti ada kriterianya, tunjukkan saja prestasi di sekolah,” tukasnya.

 

TEKS              : SAUKANI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster