Ratusan Surat Suara Pilpres Rusak

 215 total views,  2 views today

Proses Pelipatan Surat Suara

Surat Suara Pilpres 2014

EMPAT LAWANG – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Empat Lawang memastikan, berdasarkan hasil penyortiran pada proses pelipatan surat suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, tercatat kekurangan dan rusak surat suara sekitar 220 lembar.

Ketua KPU Empat Lawang A Rivai melalui Sekretaris, M Mursadi menjelaskan, proses pelipatan dan penyortiran dilakukan selama dua hari yaitu 21-22 Juni lalu, melibatkan masyarakat di sekitar kantor KPU Empat Lawang.  Hasilnya, ditemukan 38 surat suara  cacat dengan kriteria terdapat noda, tulisan dan gambar tidak jelas dan terdapat sobekan, dan kreterian lain surat dikatakan mengalami cacat.

Selain itu untuk jumlah kekurangan surat suara sebanyak 182 suara, sehingga total surat suara rusak dan kurang mencapai 220 surat suara.  “Selesai berita acaranya langsung kita kirim ke KPU Provinsi, agar cepat dikirim kembali ke pihak KPU Empat Lawang,” kata Mursadi, kemarin.

Diuraikannya, dari total 186.662 lembar surat suara atau sekitar 49 box dikirim ke Empat Lawang, sudah dilakukan penyortiran. Masing-masing rinciannya 185.117 lembar atau 47 box surat suara PPWP, kemudian 1000 lembar atau satu box surat suara pemilu ulang serta DPC PPWP sekitar 545 lembar atau sejumlah TPS.

Untuk Pilpres 9 Juli 2014 nanti, ada 545 TPS tersebar di seluruh wilayah Empat Lawang. Jumlah ini setelah terjadi pengurangan 8 titik TPS di Kecamatan Muara Pinang. “Dari jumlah itu, ada rusak dan kurang sudah dilaporkan,” tegasnya.

Namun hingga saat ini pihak KPU provinsi belum mengirimkan kekurangan tersebut, karena masih tahapan perlengkapan kekurangan data logistik. Ditambahkan Mursadi, sejauh ini pihaknya yakin pendistribusian logistik berjalan  tanpa terpengaruh perihal kekurangan ini karena akan dikirim pihak KPU propinsi, walaupun jarak waktu pilihan masih beberapa hari lagi. “Kita optimis pendistribusian nanti berjalan lancar sesuai dengan tahapan yang ada,” tukasnya.

 

TEKS              : SAUKANI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster