Rapel Kenaikan Gaji PNS Cair

 292 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang melalui Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKAD) Empat Lawang memastikan, rapel kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS), segera dicairkan.

Dijadwalkan paling lambat pekan ke dua Juli ini, rapel kenaikan gaji terhitung 1 Januari 2014 itu akan dicairkan. “Kenaikannya  enam persen untuk PNS aktif, dan empat persen untuk pensiunan,” kata Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri melalui Kepala DPPKAD, M Daud, Senin (30/6).

Menurutnya, anggaran rapel kenaikan gaji termasuk juga gaji ke 13 PNS, sudah stand by. Tinggal menunggu kesiapan pembayaran saja ke masing-masing pegawai, tentu setelah pembayaran gaji bulan Juli secara keseluruhan.

Untuk gaji ke 13 setidaknya disiapkan Rp 10 miliar, alokasi pembayaran untuk sekitar 3000 PNS di Kabupaten Empat Lawang. “Kalau rapel kenaikan gaji itu sudah ada Peraturan Pemerintah (PP) nya, kalau gaji ke 13 masih menunggu dulu,” jelas Daud seraya menambahkan, kenaikan gaji PNS itu berdasarkan PP Nomor 34 tahun 2014 yang ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pada 21 Mei 2014 lalu.

Kata Daud, ketentuan mengenai gaji baru PNS, TNI/Polri yang menunjukkan adanya kenaikan itu mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2014. Sementara ketiga PP itu mulai berlaku pada tanggal diundangkan, yaitu 21 Mei 2014 lalu.

Nah, untuk di Empat Lawang sendiri, PP mengenai kenaikan gaji PNS sudah ada sekitar beberapa pekan lalu termasuk juknis pembayarannya. “Kita respon cepat, tinggal persiapan pencairan sesuai hitung-hitungan persentase kenaikan bagi PNS,” jelasnya.

Umumnya PNS berharap, pencairan rapel kenaikan gaji dan gaji ke 13 cair sebelum Idul Fitri 1435 Hijriah. Selain itu para pegawai berharap bisa mencukupi kebutuhan tahun ajaran baru pendidikan anak-anak mereka di sekolah.

“Kalau bisa sebelum lebaran ini cair, banyak kebutuhan termasuk paling penting anak-anak mau masuk sekolah,” harap salah seorang PNS di lingkungan Pemkab Empat Lawang, yang tidak mau disebutkan namanya.

 

TEKS              : SAUKANI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster