Pendopo Butuh Jalan Lingkar

 328 total views,  2 views today

Ilst Jalan Lingkar | Antaranews.com

Ilst Jalan Lingkar | Antaranews.com

EMPAT LAWANG – Mengatasi kemacetan lalu lintas di Kecamatan Pendopo, dibutuhkan pembangunan jalan lingkar, sebagai pengurai arus kendaraan melintasi jalan provinsi. Kebutuhan akan jalan lingkar dari Kelurahan Pagar Tengah menuju Kelurahan Jalan Jati tersebut, sudah diusulkan pemerintah kecamatan ke Pemkab Empat Lawang dan Pemprov Sumatera Selatan (Sumsel).

Lurah Pagar Tengah, Kecamatan Pendodo, Suansi menyebut jalan lingkar tersebut diusulkan dibangun dari Kelurahan Pagar Tengah sepanjang 1500 meter dengan lebar empat meter. Tujuannya, agar mengurai arus lalu lintas karena tingkat kemacetan di depan Pendopo Traditional Center (PTC), yang kian padat.

Selain itu, jalan tersebut bisa menjadi jalan alternatif ke pemukiman penduduk, guna perluasan serta pengembangan wilayah, dan menjadi jalan menuju akses jalan ke perkebunan warga. “Hampir tiap hari macet depan PTC, kasihan penumpang kendaraan dari luar kota seperti Bengkulu atau Palembang,” kata Suansi, kemarin.

Sementara itu Camat Pendopo, Hamdan menambahkan, masalah transportasi khususnya kemacetan menjadi salah satu prioritas, pihak kecamatan. Apalagi dengan semakin meningkatnya jumlah kendaraan setiap harinya tentunya harus diikuti dengan kesiapan sarana dan prasarana yang ada. “Berbagai upaya sudah kita lakukan seperti penertiban pedagang-pedagang kaki lima, parkir, penertiban angkutan umum untuk mengatasi problem kemacetan,” jelas Hamdan.

Dikatakannya, dinamika pertumbuhan transportasi kian tinggi harus turut disiasati dengan ide-ide yang solutif, inovatif serta bermanfaat. Sebagai contoh terminal, selain sebagai persinggahan bagi kendaraan-kendaraan, tempat ini juga dapat di desain sedemikian rupa sehingga dapat bermanfaat ganda baik bagi masyarakat atau pihak pengelolah.

Pemerintah Kecamatan Pendopo kata Hamdan, tentu berharap pembangunan jalan lingkar tersebut, dapat berjalan dengan lancar. “Karena dengan adanya pembangunan jalan lingkar ini, dapat mengurangi tingkat kemacetan terjadi sewaktu-waktu di Kecamatan Pendopo,” tukasnya.

 

TEKS              : SAUKANI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster