PT PELNI II Sepakat Tata Sungai Musi

 228 total views,  2 views today

Ilustrasi Sungai Musi yang Penuh Sampah Enceng Gondo | Dok KS

Ilustrasi Sungai Musi  | Dok KS

PALEMBANG – Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), RJ Lino menegaskan, pihaknya sepakat untuk membenahi Sungai Musi, sebagai jalur transportasi angkutan. Pasalnya, transportasi sungai dinilai lebih murah jika dibandingkan dengan jalur transportasi lainnya.

“Kita percaya bahwa perairan itu adalah angkutan yang paling murah, angkutan yang tidak ada subsidi BBM. Kita bersepakat untuk membenahi sungai ini, sehingga sungai dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk angkutan batubara. Saya kira ini pilihan yang sangat tepat,” ucap Lino kepada wartawan koran ini, Kamis (26/6) di Griya Agung, Palembang.

Untuk itu, Pelindo bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, dalam rangka membantu pertumbuhan daerah. Karena menurut Lino, tanpa angkutan yang baik sangat sulit bagi batubara Sumsel, untuk berkompetisi dimana-mana.

Untuk itu, Pelindo terus berupaya meningkatkan harga batubara Sumsel. “Jadi saya pikir ini adalah langkah atau keputusan yang sangat istimewa, kita akan segera duduk bersama-sama untuk menangani ini segera,” terangnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, Sumsel merupakan salah satu provinsi terkaya akan Sumber Daya Alam (SDA) seperti batubara, gas alam, minyak bumi, panas bumi dan gas metan.

“Setengah cadangan batubara Indonesia ada di Sumsel, dimana cadangan batubara yang kita miliki hingga 22,24 miliar ton atau 48,48 cadangan nasional. Sedangkan yang diproduksi 9,5 juta ton per tahun atau 9,5 produksi nasional. Batubara kita bisa menerangi Singapura, Jawa dan Bali,” ucap Alex.

Untuk gas alam Sumsel, lanjut dia, memiliki cadangan sebesar 24n,18 TSCF (ton standard cubic feet) atau 6,29 persen cadangan nasional. Sedangkan yang diproduksi hanya 0,29 TSCF atau 9 persen produksi nasional.

Untuk minyak bumi, Sumsel memiliki cadangan 757,4 metrik stock tank barrel (MSTB) atau 0,88 cadangan nasional sedangkan yang diproduksi 22,93 MTSB atau 9 persen produksi nasional.

“Selain itu Sumsel juga memiliki cadangan gas panas bumi 1,335 mw dan gas metan 122 TSCF. Mengenai potensi batubara di Sumsel adalah yang paling besar dan saat ini menjadi komoditas primadona yang sangat menjanjikan,” terang Alex.

Data yang tercatat di Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Sumsel, produksi batubara tahun 2014 adalah sebesar 34,5 juta ton. Batubara dari Sumsel tidak hanya digunakan di dalam negeri akan tetapi sebagian di ekspor keluar negeri, seperti Singapura, Cina dan India.

“Jumlah yang diekspor di perkirakan berjumlah 2,5 juta ton per tahun. Hanya yang menjadi permasalahan saat ini adalah masalah pengangkutan batubara tersebut dari tambang sampai ke konsumen masih melalui jalan umum, sedangkan jalan khusus yang dibangun oleh PT Servo sampai saat ini belum rampung dikerjakan,” katanya lagi.

Saat ini, terang Alex, batubara produksi PT Bukit Asam diangkut menggunakan kereta api rangkaian panjang menuju pelabuhan di Tarahan Provinsi Lampung. Salah satu cara yang dianggap efektif adalah batubara diangkut oleh tongkang melalui alur sungai dari stock pile di daerah Muara Lematang dan bisa langsung ke tujuan.

Akan tetapi, yang menjadi permasalahan adalah kedalaman dan dimensi alur yang berbeda di beberapa tempat. “Kemudian yang jadi permasalahan juga adalah bottle neck itu ada di pemerintah pusat, kami tidak bisa cepat untuk melaksanakan pembangunan. Sekarang kita melakukan terobosan, sasarannya adalah Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api (KEK TAA) dan Tanjung Carat. Jalur kereta api double track 276 kilometer,” papar Alex.

Untuk itu, diperlukan pengelolaan dan pengaturan alur pelayaran Sungai Lematang sampai ke ambang luar. PT Pelindo sebagai BUMN operator pelabuhan diharapkan dapat membangun kelancaran distribusi angkutan batubara dan sumber daya lainnya dari Sumsel agar dapat digunakan untuk kepentingan nasional maupun untuk di ekspor.

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster