Progress Underpass Baru 45 Persen

 240 total views,  2 views today

Pengerjaan Underpass di Simpang Patal. Foto ; Bagus Kurniawan KS

Pengerjaan Underpass di Simpang Patal. |  Foto ; Bagus Kurniawan

PALEMBANG – Proyek pengerjaan underpass Simpang Patal Palembang, terus dikebut. Panitia Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksanaan Jalan Nasional Metropolitan (PJNM) Palembang, Harun Nurasyid, mengatakan sampai saat ini pengerjaan underpass progress nya baru mencapai 45 persen dari total pengerjaan.

“Sekarang dalam tahap pemasangan pondasi tahap tiga, dari empat tahap yang mesti dilakukan. Pemasangan pondasi tiga, sudah hampir rampung,” kata Harun saat dibincangi, Kamis (26/6).

Harun mengatakan, selain pemasangan pondasi, saat ini juga sudah dilakukan pekerjaan pelebaran jalan sepanjang satu kilometer, dengan lebar bervariasi. Menururtnya, pengerjaan proyek tersebut belum mendapat kendala yang berarti. Hanya saja mereka terhambat dengan pemindahan utilitas milik PDAM Tirta Musi.

“Utilitas atau jaringan pipa milik PDAM, yang harus dipindahkan ada lima titik. Alhamdulillah sekarang tinggal satu titik pipa PDAM lagi, empat titik lainnya sudah selesai dipindahkan,” jelasnya.

Harun mengaku, masa kontrak proyek underpass tersebut harus berakhir pada pertengahan Desember 2014. Sehingga pihaknya terus melakukan pengerjaan. Ia berharap, adanya underpass tersebut mampu mengurai kemacetan di Simpang Patal. “Kawasan Simpang Patal, selama ini sering terjadi kemacetan. Apalagi saat ini, sedang ada pengerjaan underpass,” ucapnya.

Harun juga menjelaskan, nantinya jika sudah selesai dibangun, underpass akan dilengkapi dengan empat unit pompa air otomatis yang berada di reservoir dibawah underpass. Sehingga saat hujan, air yang tertampung langsung di aliri dan dibuang reservoir, melalui pompa air secara otomatis. “Kami sudah hitung, jika air tumpah secara melimpah atau air hujan dalam intensitas besar, tidak akan banjir sebab akan langsung di pompa untuk dibuang,” bebernya.

Harun berharap, selama proses pengerjaan, masyarakat mengerti dan bersabar dengan kemacetan yang terjadi dikawasan tersebut. karena pihaknya juga terus berupaya agar proyek tersebut berjalan sesuai jadwal yang sudah ditentukan. “Kami akan bekerja keras, sehingga proyek ini selesai tepat waktu,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster