BPN Buka Layanan Online

 398 total views,  2 views today

bpn

PALEMBANG – Masyarakat yang ingin mendapatkan informasi terkait masalah pertanahan dapat sedikit tersenyum. Pasalnya Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumsel, menyediakan layanan SMS Informasi Pertanahan dengan kode akses “2409”.

Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha BPN Sumsel, Suwito  mengatakan, melalui layanan tersebut, masyarakat dapat mengadukan tentang layanan pertanahan serta memperoleh informasi perkembangan urusannya, informasi biaya pelayanan dan hal lainnya.

“Khusus untuk Sumsel, kode provinsi yang digunakan adalah 04, jadi cukup dengan melakukan sms ke 04-2409, dan mengetikkan permasalahannya,” kata Suwito kepada wartawan, kemarin. Ia mencontohkan, untuk pengaduan, masyarakat dapat mengetik, Pengaduan#nama#nomor telpon#aduan.

Ia mengakui, hal ini dilakukan pihaknya sesuai dengan program yang dicanangkan oleh BPN Pusat. Harapannya, memudahkan masyarakat yang sedang berurusan dengan Kantor Pertanahan untuk mengetahui perkembangan urusannya tanpa harus datang ke Kantor Pertanahan.

“Tentunya banyak keuntungan yang didapatkan, mulai dari waktu yang efisien, informasi yang datang dengan cepat, dan tak perlu lagi capek-capek datang ke kantor pertanahan sehingga bisa mengerjakan urusan lainnya,” imbuh Suwito.

Untuk diketahui, layanan ini disajikan dengan biaya yang relatif murah, hanya Rp. 350 untuk setiap SMS, yang dibebankan langsung ke pulsa pengirim SMS dan berlaku sama untuk semua jenis penyedia layanan telekomunikasi. “Nah, Angka “2409” itu artinya tanggal dan bulan lahirnya Undang-Undang (UU) tentang Pokok Agraria (PA) yakni 24 September 1960,” tukas Suwito.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster