Banyuasin Juara Umum MQK

 264 total views,  2 views today

alquran

Ilustrasi

BANYUASIN – Kabupaten Banyuasin, berhasil menjadi juara umum dalam Musabaqoh Qiraatil Qutub (MQK) tingkat Provinsi Sumsel, yang dilaksanakan di Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilul Hasanah, Desa Purwosari, Kecamatan Sembawa, yang ditutup Rabu (25/6) lalu.

Dalam ajang tersebut, peserta dari Banyuasin berhasil menyabet 20 medali emas, sembilan perak dan tujuh perunggu. Sementara dibawah Kabupaten Banyuasin, ditempati Kota Palembang dan Kabupaten OKU Timur berada diposisi ketiga diikuti Kabupaten Ogan Ilir (OI) diposisi keempat.

“MQK ke V ini, penutupannya dipercepat satu hari dari jadwal semula. Hal ini karena, jadwal perlombaan yang padat dari siang hingga malam hari, sehingga berbagai perlombaan bisa dipercepat waktunya,” kata Ketua Panitia Pelaksana MQK Sumsel, Jalaluddin, kemarin.

Dikatakan Jalaluddin, MQK ponpes se Sumsel ke V tahun itu, mempunyai makna kusus para santri untuk mencintai  kitab berbahasa arab atau kitab kuning. “Juara dalam ajang ini, akan mewakili Sumsel dalam MQK tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Jambi, September mendatang,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Sumsel, H Hambali berharap dalam ajang dua tahunan tersebut, dalam setiap penyelenggaraannya semakin meningkat, baik dari sisi jumlah peserta maupun kualitasnya.

“Ajang ini, bukan semata-mata dijadikan sebagai kompetisi untuk menjadi yang terbaik tetapi juga bisa dijadikan ajang silaturahmi antar santri ponpes di Sumsel. Selain itu tentunya, bisa menjadi bahan evaluasi bagi pengasuh ponpes apakah kajian-kajian kitab kuning di ponpes dan pesantren salaf, sudah sama dengan kurikulum yang ditetapkan Kemenag,” tukasnya.

 

TEKS            : DIDING KARNADI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster