APJI : Produk Makanan Harus Dikemas Dengan Menarik

 281 total views,  2 views today

PALEMBANG – Untuk menghadapi ASEAN Free Trade Area (AFTA) 2015, Asosiasi Perusahaan. Jasa Boga Indonesia (APJI) mengimbau kepada seluruh perusahaan kuliner untuk mengemas produk makanannya dalam kemasan yang menarik. Selain itu, untuk menghadapi persaingan terhadap produk makanan secara Internasional, APJI juga harus memberikan kemasan yang terbaik bagi para konsumen.

Menurut Ketua Umum APJI Indonesia Rahayu Setiowati di sela pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Perusahan Jasa Boga Indonesai APJI Sumsel dan DPC APJI Kota Palembang Preode 2014-2019 di hotel Aryaduta Palembang.

Menurut Rahayu, pentingnya kemasan yang menarik agar produk makanan tradisional menarik perhatian dan memiliki nilai jual tinggi serta dapat bersaing di tingkat Internasional.

“Indonesia yang terdiri dari beragam suku otomatis memperkaya budaya kuliner. dan ini sangat menarik. Ketika makanan tradisional kita ditempatkan di tempat yang bagus,” ungkapnya, Kamis (26/6).

Dia menambahkan, seperti Sumsel yang memiliki 116 makanan dari olahan ikan. Jika ini dikembangkan akan menjadi contoh bagi wilayah-wilayah lain untuk mengelolah ikan dengan menu-menu yang nikmat.

“Kita tahu ikan banyak mengandung protein, oleh sebab itu kita berencana menjadikan Sumsel sebagai sentral olahan makanan dari ikan terbesar di Indonesia,” katanya.

Dia menghimbau, kepada seluruh pengusaha yang selama ini terjun di bisnis kuliner mau bergabung di organisasi APJI. “Ini adalah salah satu wadah para pengusaha untuk membantu program pemerintah di bidang jasa boga, demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera,” katanya.

Sementara itu, Puspa Ria Raharjo Ketua DPC APJI Palembang mengungkapkan, APJI akan membentuk DPC dan akan membuat berbagai pelatihan di bidang jasa boga.

“Kita juga akan membuat uji kompetensi bagi para juru masak. Selama ini yang pintar masak tidak ada portofolio, dengan adanya hal seperti ini akan memudahkan mereka untuk cari kerja,” ucapnya.

Sedangkan menurut Asisten III bidang Kesra Pemprov Sumsel, Akhmad Najib mengungkapkan, dengan banyaknya event-event Internasional yang akan diselenggarakan di Sumsel pada tahun ini, otomatis akan banyak menggunakan jasa katring oleh sebab itu APJI khususnya yang ada di Palembang harus menyiapkan makanan sesuai dengan kualitas terbaik bagi para tamu.

“Kita harapkan APJI dapat menjadi salah satu perusahan katering yang memberikan pelayanan baik secara basional maupun internasional,” ungkapnya.

 

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster