Satu Lagi Stasiun TV Bakal Hadir

 1,463 total views,  2 views today

Ilustrasi TV | Ist

Ilustrasi TV | Ist

PALEMBANG – Setelah dua stasiun televisi lokal di Palembang mengudara, satu lagi stasiun televisi lokal bakal mengudara di metropolis. Stasiun televisi dimaksud yakni Rajawali Televisi (R-TV), yang berada dinaungan PT Inspirasi Anda Palembang (IAP).

Stasiun televisi ini, masih dalam proses perizinan. Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumsel, Iwan Kusuma Jaya menyebut, PT IAP meminta pendapat KPID untuk memenuhi syarat dan kelayakan program dan tayangan yang akan mereka keluarkan.

“Ya, hari ini kita akan memulai proses awal mulai dari perizinan tayang dan mendengarkan permohonan dari PT IAP tentang program apa saja, yang ingin mereka siapkan saat disetujui oleh KPID Sumsel,”  kata Iwan disela-sela Evaluasi Dengar Pendapat PT IAP di Hotel Swarna Dwipa, Palembang, Rabu (25/6).

Iwan menyebutkan, proses perizinan ini tidak bisa disahkan begitu saja tanpa diketahui oleh instansi terkait seperti, MUI, ORARI, Polri dan lainnya karena ini berkaitan langsung dengan etika dan kelayakan bagi masyarakat nantinya.

“Nanti setelah melihat konsep program yang akan mereka sajikan, itu akan kami nilai dan seleksi lagi. Jika sesuai dan memenuhi kelayakan maka barulah akan ada tahapan selanjutnya mengenai prosedur perizinan dan pengesahan televisi tersebut,” ujarnya.

Seandainya esok atau lusa R-TV ini sudah sah dan mendapat izin untuk tayang, Iwan menyarankan, R-TV dapat mendatangkan suatu yang lebih bermanfaat bagi masyarakat lokal. Kemudian R-TV juga hendaklah menyiapkan karakter supaya bisa menjadikannya ciri khas tersendiri dalam menyajikan tayangan-tayangan televisi.

Sementara itu, Penanggung Jawab Bidang Usaha PT Inspirasi Anda Palembang, Yonatan mengakui bahwa beberapa peluang dan eksistensi televisi swasta sekarang ini diyakini sangat berfungsi bagi elemen masyarakat. “Selain melihat peluang-peluang yang bisa didapatkan dari usaha pertelevisian, kami berharap juga dapat membantu dan menunjang pendapatan di daerah ini,” ungkapnya.

Adapun segmentasi target pemirsa, pihaknya telah menentukan target pemirsa umum, yaitu memenuhi kebutuhan semua anggota keluarga dalam masyarakat Palembang dan sekitarnya. Dilihat dari kondisi psikografis, program yang disiarkan mengikuti pola hidup sebuah keluarga.

Sedangkan dari kondisi demografis, segmentasi yang dipilih terdiri dari, usia, pria-wanita, status ekonomi sosial, berbagai jenjang pendidikan, dan berbagai jenjang karir. “Untuk format siarannya kami sudah menyiapkan yaitu, berita, penerangan, pendidikan dan kebudayaan, agama, olah raga, hiburan, iklan, dan acara penunjang lainnya,” tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster