Sampah Menumpuk, Kesadaran Masyarakat masih Minim

 237 total views,  2 views today

ilustrasi

ilustrasi

INDRALAYA – Minimnya kesadaran masyarakat akan kebersihan membuat sisi jalan di Kecamatan Tanjung Batu  Kabupaten Ogan Ilir (OI) banyak ditemukan tumpukan sampah.

Padahal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab), melalui Badan Kebersihan dan Tata Kota sudah menyediakan bak sampah hampir di setiap sudut jalan.

Keberadaan sampah di pinggir jalan sangat dikeluhkan sejumlah warga yang melintas di jalan tersebut.

Desfriyanti (36), warga Tanjung Batu, mengeluhkan keberadaan tumpukan sampah di sisi jalan. Menurutnya, selain kerap menimbulkan aroma bau tak sedap, keberadaan juga mengganggu keindahan kota.

“Saya sangat terganggu dengan sampah dibuang sembarangan, apalagi di depan rumah kami. Kami kasih peringatan dilarang buang sampah di sini tetapi masyarakat masih membuang sampah,” keluhnya.

Dirinya berharap, masyarakat menyadari akan pentingnya kebersihan itu.”Apalagi kebersihan itu sebagian dari iman. Jadi tolong kita jaga sama-sama kebersihan di lingkungan supaya Kecamatan Tanjung Batu tidak dipandang kumuh,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Tanjung Batu M. Kapidin Hanafi melalui Kasi Trantib M. Haris Munandar saat ditemui Kabar Sumatera, Rabu (25/6) kemarin,mengakui kesadaran akan kebersihan masyarakat masih minim.

Namun demikian, pihaknya terus berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan terutama membuang sampah pada tempatnya.

“Ya, banyaknya sampah di pinggir jalan akibat warga yang masih kurang peduli dengan kebersihan. Padahal, sudah disediakan bak sampah,”ucapnya.

Ia menambahkan,  masyarakat harus ikut berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar.  “Peranan masyarakat sangat penting karena mereka lah yang akan dapat manfaat dari kebersihan itu sendiri,” pungkasnya.

 

Teks : Junaedi Abdillah/Nofriyadi (MG)

EDITOR: SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster