Pengangguran di Ogan Ilir Menurun

 227 total views,  2 views today

Ilst. Job Hunter

Ilst. Job Hunter

INDRALAYA – Jumlah pengguran di Kabupaten Ogan Ilir (OI), mengalami penurunan meski masih bertahap. Hal itu tidak lepas dari peran Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Ogan Ilir (OI), melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), yang terus berupaya menekan angka pengangguran dengan berbagai program serta adanya kerja sama tenaga kerja dengan provinsi lain.

Tercatat, pada tahun 2012 lalu terdapat 6.455 orang menganggur. Namun pada tahun 2013 tercatat sebanyak 5.336 orang. Meski hanya 0,2 persen, angka tersebut akan terus mengalami penurunan seiring dengan adanya lapangan kerja di Ogan Ilir.

Kepala Dinas  Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) melalui Kabid Latihan dan Penempatan Tenaga Kerja (Lapenta), Kabupaten OI,  Drs Suharsono, Rabu (25/6) mengatakan, setiap tahun, pengangguran di Ogan Ilir mengalami penurunan.

Menurutnya, penurunan tersebut dilihat dari adanya lapangan pekerjaan perusahaan yang menempatkan tenaga kerja lokal seperti PTPN Cinta manis, PT Sumatera Prima Fibreboard (SPF), PT Arwana dan lain-lain.

“Selain itu ada perluasan kesempatan kerja yang sifatnya berkelompok dengan mengolah produk tertentu,” ujarnya.

Suharsono menambahkan, berkurangnya pengangguran juga dengan adanya lapangan kerja antar daerah.

“Misalnya pemerintah kita telah melakukan kerjasama dengan pemerintah di Batam dan Riau untuk memperoleh lapangan kerja. Selama ini, setiap tahun perusahaan yang ada di Batam terus berkoordinasi dengan pihak Disnakertras terkait masalah tenaga kerja,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, adanya penempatan tenaga kerja ke luar negeri dengan bekerja sama dengan perusahaan yang ada di Malaysia. “Kita ada hubungan baik dengan Malaysia. Banyak sudah tenaga kita yang bekerja di perusahaan yang ada di Malaysia dengan melalui prosedur yang ada di Disnakertrans OI. Jadi keberangkatan tenaga kerja kita ke Malaysia memang  jelas, resmi dan terjamin,” paparnya.

Data yang didapat, jumlah penduduk Kabupaten OI sebanyak 450.933 jiwa, sementara penduduk yang tercatat pada usia kerja sebanyak 440.622jiwa. Yang termasuk katagori angkatan kerja sebanyak 265.869 jiwa dan yang bukan angkatan kerja sebanyak 174.753jiwa. Sementara tenaga kerja yang bekerja sebanyak 331.532. Tercatat pada akhir Desember 2013 yang lalu
jumlah pencari kerja sebanyak 5336 orang.

Teks    : Junaedi Abdillah
EDITOR  : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster