Kemenag Sumsel Lakukan Rukyatul Hilal Penentuan Awal Ramadhan

 153 total views,  3 views today

 

Ilustrasi | Ist

Ilustrasi | Ist

PALEMBANG – Walau Muhammadiyah, sudah menetapkan awal Ramadhan bertepatan dengan 28 Juni, namun Kementrian Agama (Kemenag), sampai saat ini belum menetapkan awal bulan suci tersebut.

Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sumsel, besok (27/6), baru akan melakuan rukyatul hilal atau melihat bulan dari lantai 19, Hotel Aryaduta, Palembang.  Kepala Kanwil Kemenag Sumsel, H Hambali menyebut, rukyatul hilal tersebut akan dilakuan pukul 17.30 WIB.

“Jadi kita belum bisa menetapkannya sekarang. Hasil rukyatul hilal yang akan kita lakuan, Jumat nanti akan disampaikan ke Kementrian Agama (Kemenag),” kata Hambali yang dibincangi di kantornya, Rabu (25/6).

Karena itu, Kemenag sebutnya tidak menutup kemungkinan jika awal Ramadhan sama seperti yang ditetapkan Muhammadiyah yakni pada Sabtu (28/6). “Sekarang bulan sudah benar-benar sabit, jadi puasa bisa antara 28-29 Juni. Tetapi kepastiannya, melalui sidang isbat, yang dilakukan Kemenag RI ,” jelas Hambali.

Akan tetapi, kemungkinan perbedaan jadwal juga akan ada. Untuk itulah, pihaknya meminta setiap umat Islam yang ada di Sumsel, untuk tetap rukun dan menjaga situasi kondusif. “Seperti selama ini yang sudah terjadi kita tak ada keributan, hal itu akan tetap dijaga,” ungkap Hambali.

Kemenag juga menghimbau, masyarakat untuk bersabar menunggu pengumuman resmi dari Kemenag. Jikalau memang Muhamaddiyah sudah berpuasa dahulu, maka jangan sampai mengganggu ibadah yang dilakukan pihak tersebut.”Seperti yang diajarkan, masyarakat harus patuh kepada Allah, Rasul, dan pemerintah yang dalam hal ini Kemenag RI,” jelas Hambali.

Kemenag Sumsel sendiri akan melakukan jadwal kerja baru, selama puasa. Jadwal itu disesuaikan dengan edaran yang diatur oleh Kemenpan RB. “Selama puasa, pada  hari kerja sesudah zuhur ada semacam tausyiah atau kuliah tujuh menit, antara karyawan dan pejabat,” jelas Hambali.

Sementara itu Kasubbag Humas dan Informasi Kemenag Sumsel, Saefudin Latief menambahkan, hasil rukyatul hilal yang dilakukan pihakya akan segera dikirim ke Kemenag. “Itu bersamaan dengan provinsi lainnya, sehingga bisa diputuskan dalam sidang isbat,” tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster