Disnakan Buka Layanan Sterilisasi Hewan Gratis

 324 total views,  2 views today

suntik

PAGARALAM – Upaya mewujudkan keamanan dan kenyamanan ditengah-tengah masyarakat terhadap hewan peliharaan maupun hewan liar, Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) membuka layanan sterilisasi gratis kepada masyarakat hingga akhir Juni 2014. Hal itu dikemukakan Kepala  Disnakan setempat Sukman SE melalui Kasi Kesehatan Hewan drh. Anhar Junaidi, kemarin (25/6).

Menurut Anhar, pihaknya membuka layanan sterilisasi gratis terhadap  hewan peliharaan masyarakat, mulai dari anjing, kucing, monyet dan lainnya. Suntik steril ini dilakukan agar hewan peliharaan tidak tertular penyakit rabies. Selain itu program ini dapat menguranggi populasinya, mengingat di Bumi Besemah ini populasinya kian meningkat.

“Ya, selain mengantisipasi penyakit rabies, hewan anjing dan kucing banyak bebas berkeliaran di jalan hingga masuk kedalam kota. Bahkan dikhawatirkan menggangu kenyamanan dan mengancam keselamatan para pengendara bila tertabrak hewan tersebut,” terangnya.

Akibat tidak terkontrolnya populasi hewan dimaksud lanjutnya, sejumlah warga merasa terganggu dengan keberadaan kucing dan anjing liar tak terawat itu, karena perpotensi menyerang warga.

“Sejauh ini sudah banyak warga  yang  diserang dan terkena gigitan anjing liar. Namun begitu, kita terus berupaya memberi himbauan kepada masyarakat luas agar hewan peliharaannya dapat dilakukan sterilisasi guna mengindari resiko tertular dan menular rabies,” katanya seraya berujar untuk hewan tersebut dapat disterilisasikan sejak berumur 2 bulan.

Disinggung mengenai biaya sterilisasi tersebut kata Anhar, saat ini tidak dikenakan biaya hingga 30 Juni mendatang.

“Dalam rangka memperingati HUT Kota Pagaralam Ke-13, kita membuka stan Disnakan  dengan program layanan sterilisasi hewan gratis selama 2 pekan di Alun-alun Selatan Kelurahan Nendagung Kecamatan Pagaralam Selatan,” jelasnya seraya berkata sebelum jadwal layanan ini berakhir bagi warga pecinta hewan peliharaan dapat membawa peliharaannya untuk disterilikan, karena jika dikenakan biaya sterilisasi per ekor  berkisar antara Rp 250 ribu hingga Rp 400 ribu.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN

EDITOR : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster