KPU OI Laksanakan Pelipatan Surat Suara

 260 total views,  2 views today

 

INDERALAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir (OI), melakukan pelipatan penyortiran surat suara Pemilihan Presiden (Pilpres), yang akan dilaksanakan 9 Juli mendatang.

Pelipatan surat suara tersebut dilaksanakan di Kantor KPU OI, Kota Inderalaya dengan melibatkan 40 orang pekerja yang tinggal di sekitar KPU. KPU menargetkan, surat suara yang berjumlah 307.251 lembar  selesai dilipat pada Kamis (26/6), mendatang. Pelipatan dan penyortiran sendiri dengan pengawalan ketat polisi dan dan Panwaslu setempat.

Ketua KPU OI,  Anahrir, Selasa (24/6), mengatakan, sesuai hasil rapat pleno internal KPU, pelipatan surat suara dilaksanakan Selasa (kemarin), hingga dua hari kedepan. “Kita libatkan 40 warga yang tinggal di sekitar KPU,” ucapnya.

Dalam proses pelipatan, KPU menerapkan kelompok pelipatan dan orang yang bertanggung jawab atas pelipatan tersebut.

“Ada lima kelompok, dan satu kelompok punya tugas untuk mengkoordinir dan menjaga surat suara. Ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Ada juga kepolisian dan Panwaslu yang mengawasi proses pelipatan dan penyortiran tersebut,” ujarnya.

Setelah dilakukan pelipatan dan penyortiran, sambung Anahrir, pihaknya akan mendata jika ada surat suara yang rusak atau tidak bisa digunakan. Selanjutnya akan di laporkan dan dikirim ke KPU Provinsi untuk dilakukan penggantian.

“Untuk saat ini baru diketahui ada satu surat suara yang rusak. Kebetulan disini (KPU), ada KPU Sumsel sedang melakukan peninjauan. Kita sudah laporkan,” katanya.

Disinggung kapan dilakukan pendistribusi surat suara, Anahrir menjelaskan, pihaknya akan melakukan pendistribusian surat suara ke 16 kecamatan yang ada di Ogan Ilir yakni lima hari sebelum pelaksanaan Pilpres.

“Mingkin H-5 kita lakukan distribusi surat suara. Kita utamakan wilayah yang jauh. Dipastikan, hari pelaksanaan surat suara sudah berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang berjumlah 940 TPS,” pungkasnya.

 

Teks : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster