Bulan Depan Dana TAS Cair

 240 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Dinas Sosial (Dinsos) Sumatera Selatan (Sumsel), memastikan bahwa dana Taman Anak Sejahtera (TAS), akan cair pada bulan Juli mendatang. Hal ini diungkapkan Kepala Dinsos Sumsel, Apriadi saat dibincangi usai membuka Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia (Lansia) Nasional Sumsel tahun 2014 di Asrama Haji, Palembang, Selasa (24/6).

Apriadi mengatakan, dana TAS kemungkinan bisa di cairkan pada Juli mendatang. “Kemungkinan baru akan cair pada Juli nanti, jadi kalau ada yang bilang dana TAS sudah cair dan dipotong oknum Dinsos, itu tidak benar,” kata Apriadi.

Belum dilakukannya pencairan untuk dana TAS pada tahun ini sebut Apriadi, dikarenakan Dinsos terlebih dahulu harus memverifikasi kepada yayasan-yayasan, yang akan menerima dana TAS tersebut.

“Banyak yayasan yang mengajukan untuk mendapatkan dana TAS ini, karena itu kita lakukan verifikasi. Nah, verifikasinya kita rencanakan akan dilakukan pada hari ini,”  terang Apriadi seraya menambahkan kriteria yayasan atau lembaga yang mendapatkan dana TAS yakni memiliki data yang valid, baik data anak maupun data yayasan.

Apriadi menjelaskan, pada tahun ini jumlah total dana TAS yang dikucurkan pemerintah pusat sebesar Rp 3,5 miliar. “Setiap lembaga atau yayasan itu berbeda-beda menerima dana TAS, karena tergantung dengan anak yang ada di lembaga atau yayasan tadi,” sebut Apriadi.

Contohnya, di yayasan A ada 15 anak maka yayasan tersebut akan menerima dana TAS sebesar Rp 15 juta, karena satu anak mendapatkan Rp 1 juta. Sementara di yayasan B, jumlah anaknya 25 orang maka yayasan tersebut menerima Rp 25 juta,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk sistem pencairan dana TAS tersebut akan di transfer ke rekening lembaga atau yayasan yang bersangkutan. Setelah itu, baru lembaga atau yayasan tersebut akan membuatkan rekening anak.

“Untuk jumlah yayasan atau lembaga yang akan menerima dana TAS 2014 ini saya belum tahu karena masih dalam proses verifikasi, namun yang jelas sesuai dengan kemampuan dana yang ada tadi,” ujarnya.

Apriyadi menambahkan, untuk yayasan atau lembaga yang datanya memang benar-benar valid dan telah memenuhi kriteria yang ada, tidak perlu takut untuk tidak mendapatkan dana TAS pada tahun ini. “Yang perlu takut itu, yayasan atau lembaga yang datanya meragukan karena terus terang tidak akan kita kasihkan sebab kita juga takut nanti dana ini disalahgunakan,” tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster