Tiga Desa Bakal Terima Bantuan Listrik

 235 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

INDRALAYA – Tekad Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Ogan Ilir (OI), untuk menjadikan wilayah Ogan Ilir  (OI) baik di pelosok maupun di perkotaan terang benderang nampaknya terealisasi.

Pasalnya, saat ini ada desa di Kecamatan Sungai Pinang, mendapat jaringan listrik. Ketiga desa tersebut yakni  Desa Sungai Pinang Emas, Sungai Pinang Jaya dan Desa Sungai Pinang Nibung.

Kepala Dinas Pertambangan, Energi dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ogan Ilir (OI), Thahir melalui sekretarisnya Trisno Pilhaq, mengatakan, ketiga desa tersebut sudah masuk program pemerintah untuk mendapat bantuan listrik.

“Setelah tiga desa ini teraliri jaringan listrik berarti seluruh Kabupaten OI tidak ada lagi yang belum teraliri listrik baik dengan melalui program PLN maupun PLTS,” ucapnya kemarin.

Ia menambahkan, tiga desa tersebut sedang diusahakan bekerjasama dengan pihak PLN dengan menelan dana sekitar Rp2 Miliar lebih.

“Kita sebelumnya juga telah mengajukan sembilan  desa yaitu terbagi  di Kecamatan Pemulutan Selatan dan Kecamatan Indralaya, antara lain Desa Ulak Segelung, Desa Harimau Tandang, Sungai Keli, Aurstanding, Desa Maju Jaya baik menggunakan dana APBD maupun APBN,” tuturnya.

Disinggung berapa banyak masyarakat OI  yang mendapat  bantuan penerangan dengan menggunakan  PLTS, Trisno  menjelaskan, terdapat sekitar 5 persen masyarakat OI mendapat bantuan aliran listrik PLTS.

“Karena syarat untuk menerima bantuan PLTS tersebut daerahnya sulit dijangkau dengan menggunakan jaringan PLN,” imbuhnya.

Lanjut Tris, lagi pula untuk menerima bantuan aliran PLTS paling tidak penduduknya tidak kurang dari 40 KK, karena tetap dengan menggunakan sisten travo.

“Jadi satu unit travo PLTS bisa menerangi rumah penduduk antara 40-50 KK,” paparnya.

Sebelumnya, sambung Tris, masyarakat menerima bantuan PLTS pusat dengan solar home sistem. Bantuan ini langsung dipasang pada setiap rumah.

“Bantuan ini sudah menyebar hampir di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten OI. Tetapi bantuan tersebut tidak terlalu banyak hanya beberapa unit saja,” pungkasnya.

 

TEKS    : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR   : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster