PNS Dapat Gaji Double Jelang Lebaran

 221 total views,  4 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, nampaknya bakal menyambut Idul Fitri dengan tersenyum lebar. Pasalnya, mereka akan mendapatkan gaji double menjelang lebaran nanti.

Itu karena gaji ke 13 bagi PNS di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan dicairkan. Pencairan gaji ke 13 tersebut, akan di rapelkan berbarengan dengan kenaikan gaji periode Januari-Juni 2014, yang belum dibayarkan.

“Menjelang lebaran, para PNS akan memiliki gaji double, karena akan ada pencairan gaji ke 13 untuk lebih kurang 14 ribu PNS yang ada di Pemkot Palembang. Kemungkinan akan dicairkan pada Juli mendatang atau sebelum Idul Fitri. Di Juli juga, akan dicairkan kenaikan gaji periode Januari-Juni 2014 yang sempat tertunda,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Palembang, Zulfan, Senin (23/6).

Zulfan mengatakan, PNS di lingkungan Pemkot Palembang ada sekitar 14 ribu PNS, dan semuanya mendapatkan gaji double menjelang lebaran Idul Fitri ini. Sebutnya, Pemkot Palembang telah menganggarkan dana sekitar Rp 70 miliar, untuk pembayaran gaji ke 13 dan rapel penundaan kenaikan gaji PNS tersebut. “Dengan demikian, gaji ke-13 ini bisa diartikan sama dengan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi PNS, karena pencairannya sebelum lebaran,” bebernya.

Lebih jauh Zulfan menjelaskan, saat ini pihaknya juga tengah menghitung kebutuhan anggaran kenaikan gaji PNS termasuk gaji ke-13. Dimana dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 34 tahun 2014 yang ditandatangani oleh Presiden RI, 21 Mei lalu menyatakan ada kenaikan gaji untuk PNS. “Karena itu kenaikan gaji periode Januari hingga Juni akan langsung dirapel atau dibayarkan sekaligus. Kemungkinan lebih awal dari gaji ke-13 namun tetap dibulan yang sama,” ucapnya.

Zulfan menyebutkan, kenaikan gaji PNS rata-rata berkisar enam persen dari jumlah gaji pokok sebelumnya atau sebesar Rp 200 ribu. “Selama ini anggaran gaji yang harus dikeluarkan mencapai Rp 850 miliar pertahun,” sebutnya Zulfan seraya merincikan, gaji pokok PNS setiap bulanya dibedakan berdasarkan golongan. Yakni, Golongan II Rp 1,8 juta-Rp 3 juta, golongan III Rp 2,3 juta-Rp 4,3 juta dan golongan IV Rp 2,7 juta-5,3 juta.

Selain gaji pokok, Zulfan menambahkan, PNS juga menerima tunjangan perbaikan penghasilan (TPP) yang mana alokasinya pada tahun ini turut mengalami peningkatan 10-15 persen.

“Adapun besaran maksimal yang diperoleh dari TPP adalah Rp 10 juta untuk Eselon II, Rp 6 juta Eselon III, dan Eselon IV atau setingkatnya mendapatkan jumlah maksimal Rp 4,5 juta. Sementara alokasi TPP berasal dari APBD Palembang,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster