KPU Sortir dan Lipat Surat Suara Pilpres

 213 total views,  2 views today

Ilustrasi | Dok KS

Ilustrasi | Dok KS

PAGARALAM – Surat suara sebanyak 106.601 lembar, yang dipersiapkan untuk pelaksanaan Pemilihan Presiden (pilpres) 9 Juli nanti, mulai dilakukan penyortiran dan pelipatan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam.

Ketua KPU Kota Pagaralam Yenli Elmanoferi SE mengatakan, ada sebanyak 29 boks surat suara yang diterima KPU Kota Pagaralam, terdiri dari 27 boks  berisikan 106.601 lembar surat suara Pemilihan Presiden Wakil Presiden (PPWP), 1 boks berisikan 100 surat suara untuk pemilihan ulang, dan 1 boks lagi berisikan 428 lembar Daftar Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden (DPC PWP).

“Saat ini semua surat suara mulai dilipat dan disortir oleh seluruh staf dan pegawai di KPU,” kata Yenli, kemarin.

Adapun upah pelipatan dan penyortiran tersebut lanjutnya, adalah Rp 150/ lembar. Sedangkan untuk waktu pelaksanaan penyortiran tidak terlalu ditargetkan untuk penyelesaiannya dalam berapa hari. Namun terpenting, sebelum tahapan pendistribusian, seluruh surat tersebut sudah selesai disortir dan dilipat.

Pada pelipatan surat suara kali ini sebagaimana pelaksanaan pemilu legislatif (pileg) lalu, tetap melibatkan panitia pengawas pemilu dan pihak kepolisian.

“Ya, demi keamanan dan kelancaran berikut mengedepankan tranparansi, proses pelaksanaan penyortiran dan pelipatan berlangsung dijaga ketat petugas keamanan berikut diawasi  pihak Panwaslu,” jelasnya.

Ia menambahkan,  selain logistik surat suara termasuk pula sebanyak 900 botol tinta pemilu dan logistik lainnya semacam formulir  sudah diterima.

“Semua surat suara telah diterima, termasuk 2,5 persen surat suara cadangan,” tegasnya.

 

TEKS     : ANTONI STEFEN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster