Capaian PAD Didongkrak Denda Proyek

 229 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

EMPAT LAWANG – Banyaknya proyek yang belum rampung di Kabupaten Empat Lawang, ternyata menguntungkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang. Sebab dari proyek-proyek pembangunan yang belum terselesaikan itu, dibebankan denda kepada kontraktor yang mengerjakannya.

Dari denda yang dikumpulkan tersebut, meningkatkan pemasukan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Empat Lawang. Target PAD Empat Lawang 2013, dari sektor penerimaan denda proyek diperkirakan hanya sekitar Rp 4,9 Miliar. Namun realisasinya dua kali lipat, dari target yakni Rp 9,6 milyar.

Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri melalui Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), M Daud mengungkapkan, realisasi pencapaian dana dari denda proyek  terbilang fantastis dan turut mendongkrak angka PAD secara keseluruhan ditargetkan Rp 16 milyar.

“Disatu sisi kita akui kegagalan proyek itu merugikan rakyat, tetapi ada efek punisment (hukuman) nya, yakni denda proyek,” kata Daud ketika dibincangi di ruang kerjanya, Senin (23/6).

Dijelaskan Daud, pencapaian PAD Empat Lawang di tahun 2013 over target Rp 24 milyar. Itu didapatkan dari pajak daerah Rp 8,9 milyar. Sementara itu sektor retribusi daerah yang hanya Rp 533 juta ditargetkan, melonjak juga Rp 3 milyar. Nah untuk pengelolaan kekayaan daerah semisal pelayanan kesehatan ditotal hingga Rp 5 milyar.

Daud memastikan, untuk target PAD tahun 2014 ini Rp 20 milyar. Tentunya diharapkan bisa meningkat. Apalagi pendapatan dari sektor  Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), sudah dikembalikan  ke daerah  “Kita yakin, setidaknya PAD kita tahun ini bisa mencapai Rp Rp 30 milyar,” ungkap Daud.

Ia menambahkan, untuk meningkatkan PAD tersebut maka DPPKAD akan memaksimalkan sektor PBB, dengan cara menerapkan sistem reward terhadap wilayah yang memenuhi target kewajiban pajaknya.

 

TEKS              : SAUKANI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster