Tarif Parkir Mal Bakal Disamakan

 298 total views,  2 views today

Ilustrasi Parkir

Ilustrasi Parkir

PALEMBANG – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Palembang menghimbau semua mal yang ada di Palembang, untuk menyamakan tarif parkir. Pasalnya, saat ini tarif parkir mal di Palembang masih berbeda antara satu mal dan mal lainnya.

Di Palembang Trade Center (PTC) misalnya kata Kabid Pengkajian dan Pengembangan Pajak Daerah, Dispenda Palembang, Meriza Novilia, pengelola memberikan kebijakan parkir Rp 5 ribu untuk mobil dan Rp 3 ribu untuk motor.

Sementara untuk Palembang Square (PS), pengelola menggunakan tarif parkir progresif, maksudnya biaya akan dihitung per jam. “Yah hitungan per jam, kalau motor hitungan perjamnya Rp 1.000, sementara untuk mobil hitungan per jamnya Rp 2 ribu,” kata Meriza, kemarin.

“Sebenarnya kami tidak bisa tentukan besaran tarif parkir yang ada di mal, tetapi kami hanya menghimbau kepada pengelola parkir di mal untuk menyamakan tarif parkirnya, “ sambungnya.

Menurut Meriza, untuk menyamakan tarif parkir tersebut, pihaknya sudah memanggil pengelola parkir yang ada di mal. Tetapi untuk besarannya, Dispenda tidak bisa menentukan. “Karena di dalam Perda,  tidak menyebutkan angka untuk tarif parkir di mal. Yang menentukannya pengelola. Tetapi itu khusus pajak parkir,  kalau yang ada di badan jalan yang mengaturnya Dishub, yakni sebesar Rp 1.000 untuk motor, dan Rp 2 ribu untuk mobil,” jelasnya.

Terang Meriza, Dispenda sudah banyak menerima keluhan masyarakat terhadap tingginya tarif parkir di mal. Oleh sebab itu, Dispenda akan berusaha untuk menyamakan tarif parkir di mal.

“Sebenarnya semakin tinggi pendapatan mereka, maka semakin besar pula pemasukan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD). Karena, 30 persen omzet dari parkir tersebut, akan masuk ke kas daerah,” bebernya.

Meriza menambahakan, sebenarnya pihaknya sudah menyebar surat edaran kepada pengelola parkir mall, rumah sakit maupun tempat lainny untuk menyamakan tarif. Tapi pengelola masih membandel. “Namun dalam waktu dekat, pengelola parkir mal tersebut, akan kami panggil kembali. Sehingga secepatnya tarif akan diseragamkan. Mengenai sanksi, tidak ada sanksi,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster