Realisasi Retribusi Daerah, Baru Tercapai Rp 2,6 Miliar

 287 total views,  2 views today

Ilst. Retribusi

Ilst. Retribusi

PALEMBANG – Berdasarkan data yang dimiliki Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Palembang, dari Januari sampai akhir Mei 2014, dana retribusi daerah yang berhasil dikumpulkan sudah mencapai Rp 2,6 miliar.

Kepala Bidang Perizinan BKPMD Palembang, Yan Sabar Sihotang mengatakan, target retribusi perizinan tahun 2014 sebesar Rp 10,5 miliar. Menurutnya, BPKMD sudah menerbitkan sebanyak 3.413 berkas.

“Yah, semua usaha yang berdiri harus memiliki Surat Izin Tempat Usaha (SITU), dan kami yang mengecek, kemudian baru diusulkan ke Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT),” ungkapnya belum lama ini.

Yan menyebutkan, masih minimnya realisasi pendapatan retribusi SITU tersebut dikarenakan hingga sekarang, ditemukan tunggakan dari pembayaran perpanjangan perizinan usaha. “Kami terus melakukan pendekatan persuasif agar masyarakat membayar retribusi sesuai dengan ketentuan. Tunggakan perpanjangan izin cukup banyak,” ucapnya.

Menurut Yan, jika dibandingkan tahun 2013 lalu, terjadi peningkatkan target pendapatan perizinan, dari sebelumnya Rp 9 miliar mejadi Rp 10,5 miliar. “Terjadi peningkatannya Rp 1,5 miliar, itu cukup besar. Karena melihat semakin tingginya pembangunan, maka secara otomatis izin juga diperlukan,” jelasnya.

Yan menjelaskan, pengajuan perizinan yang dilayani pihaknya sejauh ini didominasi izin rumah toko (ruko) dan administrasi perusahaan. “Itu membuktikan kalau Palembang perkembangan usaha sektor perdagangan dan jasa, semakin meningkat,” akunya.

Yan berharap, walaupun belum tercapai retribusi sesuai target per semester, tetapi pihaknya optimistis akhir tahun akan terealisasi. “Kami optimis, target tersebut bisa tercapai. Bahkan over target,” harapnya.

Yan menambahkan, bagi usaha yang izinnya sudah habis, pihaknya berharap pengusaha segera memperpanjang izin, dan segera melunasi apabila ada tunggakan. “Sebenarnya dalam membayar izin tidak lah terlalu tinggi, karena masa izin SITU tersebut berlaku hingga tiga tahun, hanya kesadaran saja yang kurang,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster