Penetapan Awal Ramadhan, Kemenag OKU Tunggu Putusan Menag

 233 total views,  2 views today

 

 

Ilustrasi | Ist

Ilustrasi | Ist

 

BATURAJA – Walau sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) Islam, sudah menetapkan awal Ramadhan namun Kementrian Agama (Kemenag), belum juga menetapkan kapan awal bulan suci tersebut.

 

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), H Darami saat dihubungi, Minggu (22/6) menyebut, Kemenag OKU masih menunggu keputusan dari Menteri Agama (Menag).  “Sampai saat ini, tanggal 1 Ramadhan belum ditetapkan. Kami masih menunggu keputusan dari Menag, untuk penentuan awal Ramadhan,” kata Darami, kemarin.

 

Menurut Darami, dalam menetapkan awal Ramadhan, Kemenag dilakukan dengan hilal kemudian digelar sidang Isbat. Setelah itu, barulah ditetapkan secara nasional Menteri Agama.

 

Sementara itu Ketua Muhammadiyah Kabupaten OKU, Achmad Tarmiji menerangkan, berdasarkan keputusan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, tanggal 1 Ramadhan bertepatan 28 Juni.

 

“Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Ramadhan bertepatan 28 Juni. Perhitungan itu, sesuai  Ijtimak atau peristiwa dimana bumi dan bulan berada di posisi bujur langit yang sama. Selain itu, ketinggian bulan pada saat terbenam matahari di Yogyakarta dan hilal sudah wujud, juga menjadi keyakinan,” tukasnya.

 

TEKS              : MUSLIM

 

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster