Bawaslu Rekrut Sejuta Relawan

 213 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan merekrut sejuta relawan, untuk mengawasi pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres), mulai dari tahapan pemungutan suara sampai perhitungan suara.

Gerakan sejuta relawan ini menurut Ketua Bawaslu Sumsel, Andika Pranata Jaya, akan di instruksikan ke semua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten dan kota di Sumsel. Panwaslu terang Andika, di instruksikan untuk merekrut relawan yang berasal dari mahasiswa, pelajar maupun masyarakat.

“Kita membutuhkan banyak relawan, untuk membantu mengawasi pelaksanaan Pilpres agar tidak terjadi kecurangan. Mereka akan bertugas mengawasi semua tahapan Pilpres,” kata Andika yang dibincangi usai membuka media gathering di Hotel Aston, Palembang, kemarin.

Menurut Andika, Bawaslu kekurangan sejumlah Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengawasi pelaksanaan Pilpres. Menurutnya, di Sumsel saat ini hanya ada 9.666 Pengawas Pemilu Lapangan (PPL). Sementara jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sumsel, mencapai 16.361 TPS yang tersebar di 3.200 desa/kelurahan.

“Artinya, saat ini satu PPL harus mengawasi dua sampai tiga TPS. Padahal jarak satu TPS dengan TPS lainnya banyak yang berjauhan. Untuk merekrut tambahan PPL ini, kita tidak memiliki anggaran,” terangnya.

Dilanjutkan Andika, relawan yang direkrut tersebut nantinya akan diberikan surat tugas. Namun mereka tidak mendapatkan honor dari Bawaslu, karena relawan ini murni untuk bertugas dalam melakukan pengawasan pemilu.

Mereka juga terang Andika, tidak hanya bertugas mengawasi pelaksanaan Pilpres tetapi juga diperbantukan untuk mensosialisaikan Pilpres kepada masyarakat terutama pada pemilih pemula, sehingga partisipasi pemilih pada Pilpres mendatang akan meningkat.

“Kita berharap dengan banyaknya pengawas ini, kecurangan tidak terjadi lagi. Setidaknya kita bisa memperbaiki peringkat lima terburuk di Indonesia dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) lalu,” tukasnya.

 

TEKS        : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR        : DICKY WAHYUDI

 

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster