4 Kelurahan Dapat Rp 1 Miliar

 241 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Dari 107 Kelurahan yang ada di Palembang, ada empat kelurahan yang mendapat dana masing-masing Rp 1 miliar untuk program penataan lingkungan pemukiman berbasis komunitas (PLP-BK) tahun 2014.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang, Hardayani mengatakan, PLP-BK tersebut merupakan bagian dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, yang dilakukan secara sinergi antara pemerintah, masyarakat serta kelompok lembaga keswadayaan masyarakat (LKM).

“Dari 107 kelurahan di Palembang, baru empat kelurahan yang masuk menjadi sasaran program PLPBK, setelah melalui proses penilaian dan verifikasi dari Kementerian Pekerjaan Umum,” kata Hardayani yang dibincangi usai melauncing program PLPBK di Kelurahan 36 Ilir, Kecamatan Gandus, Minggu (22/6).

Menurut Hardayani, penanggulangan kemiskinan secara sistematis dan komprehensif akan diwujudkan, dengan melibatkan masyarakat secara langsung, salah satunya melalui PNPM Mandiri.

Katanya, PNPM Mandiri tersebut diwujudkan secara terpadu, antara pembangunan fisik, serta pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat yang ada di lingkungan yang menjadi target pembangunan.

“Melalui dana stimulan yang berasal dari dana pemerintah pusat sebesar 1 milyar per kelurahan untuk kegiatan PLP-BK ini, diharapkan pembangunan sarana dan prasarana lingkungan pemukiman yang menjadi kawasan prioritas, segera terlaksana,” harapnya.

Lebih jauh Hardayani menjelaskan, PNPM Mandiri untuk membangun perubahan masyarakat secara universal, yang dilakukan melalui sejumlah intervensi kemitraan dan sinergi antara pemerintah, masyarakat, serta kelompok lembaga keswadayaan masyarakat (LKM) yang langsung dibentuk PNPM dan masyarakat.

Sementara itu, Ketua TPI-PP PLP-BK kelurahan 36 Ilir, Boni Budiyanto mengatakan, diadakannya sosialisasi ini, sebagai bentuk transparansi dari timnya kepada masyarakat, dalam pelaksanaan program PLP-BK.

Ia menerangkan dana yang dikucurkan, bukan secara bulat diberikan. “Nantinya, terlebih dahulu dilakukan rancangan penataan program. Setelah itu dilakukan survei, dan baru diketahui berapa dana yang akan dikucurkan,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster