Program Pinjaman Modal dari Pemkot Minim Pendaftar

 261 total views,  2 views today

Ilustrasi-UMKM

Ilustrasi UMKM. / Foto : Google Image

 

PALEMBANG KS –  Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui, Dinas Perindustrian Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Palembang mencatat baru menerima data 50 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang mengusulkan Pinjaman dari 5 Kecamatan.

“Masih ada 11 Kecamatan lagi yang belum memberikan data pelaku UMKM di wilayahnya masing-masing yang ingin meminjam modal. Sementara batas waktu pendaftaran ini sebenarnya telah habis dua hari yang lalu,”ungkap Kepala Disperindagkop Palembang, Syahrul Hefni, Jum’at (20/6).

Dikatakannya, pihaknya tidak mengetahui pasti, alasan 11 kecamatan yang belum melakukan pendataan pelaku UMKM tersebut. Padahal katanya, program pinjaman modal tanpa bunga dan agunan dari Pemkot ini pada tahap awal menargetkan untuk mengalokasikan pinjaman kepada 160 UMKM.

“Proses pendataan dilakukan dari Kelurahan, setelah itu, dilanjutkan ke Kecamatan yang akan merekomendasikan kepada Disperindagkop,”katanya.

Tapi, kata Syahrul, walaupun pendaftaran sudah ditutup, pihaknya akan memperpanjang pendaftaran bagi pelaku UMKM yang ingin meminjam pinjaman tersebut ke kecamatan dengan memberikan data mereka. “Karena minim pendaftar, terpaksa kami perpanjang sampai akhir Juni. Karena target dari Pemkot Palembang yakni 160 UMKM,”bebernya.

Syahrul menyebutkan, apabila pada saatnya nanti, Kecamatan masih ada yang terlambat menyerahkan data UMKM. Maka pihaknya terpaksa memberikan bantuan untuk Kecamatan terlambat tersebut akan dialokasikan pada tahap berikutnya yakni tahap ke-2 pada Januari 2015.

“Untuk itu kami meminta pihak Kecamatan dapat segera memberikan laporan sehingga bisa dapat di daftarkan pada pinjaman tahap awal ini,”imbuhnya.

Syahrul menambahakan, dana yang telah disiapkan Pemkot Palembang untuk mengembangkan UMKM tersebut sebesar Rp 5 miliar, yang mana besaran pinjaman UMKM akan disesuaikan dengan kisaran pinjaman minimal Rp 5-10 juta. “Untuk besaran pinjaman, nanti dari Disperindagkop akan mensurvey pelaku UMKM bersama pihak Kecamatan,”tukasnya.

 

TEKS : ALAM TRIE

EDITOR : ROMI MARADONA

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster