Kesadaran PNS Rendah

 272 total views,  2 views today

# Untuk Pembayaran Zakat

p11oavuy

Membayar zakat./ Foto : Google Image

PALEMBANG KS – Kesadaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang untuk membayar zakat masih rendah, hal tersebut terbukti dari dana yang terkumpul di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Palembang sampai akhir Mei baru sebesar Rp 61 juta, padahal idealnya Rp 1,5 miliar.

Kepala Bagian (Kabag) Sosial Masyarakat (Sosmas) Sekretariat Daerah (Setda) Palembang, Al Hidir mengatakan, jumlah PNS di Pemkot Palembang lebih dari 1.400 PNS.

Menurutnya, besaran dalam membayar zakat memang belum ada ketentuan didalam Peraturan Daerah (Perda), sehingga hal tersebut juga yang menyebabkan minimnya PNS bayar zakat.

“Tidak ada sangsi, begitu juga dengan besaran yang harus dibayarkan dalam zakat, saat ini baru hanya ada Peraturan Pemerintah (PP) yang mengaturnya,”katanya, saat dibincangi, Jum’at (20/6).

Dikatakannya, pihaknya saat ini sedang menggodok Perda yang mengatur soal PNS harus mengeluarkan zakat, menurutnya, membayar zakat memang tidak ada paksaan. Tapi, kalau mau dikaji lebih dalam manfaatnya sangat besar, yakni pembersih harta, serta zakat tersebut diberikan kepada fakir miskin dan orang yang benar-benar membutuhkannya.

“Kalau Perda sudah selesai, kami akan segera lakukan sosialisasi kepada para PNS, sehingga mereka sadar bahwasanya membayar zakat penting, sebenarnya uang yang dikeluarkan tidaklah terlalu besar, hanya 2,5 persen dari gaji PNS,”katanya.

Al hidir menyebutkan, pada tahun 2013 lalu, dana zakat yang dikumpulkan sebesar Rp 297 juta, padahal idealnya, total zakat tersebut seharusnya Rp 5 miliar setiap tahunnya. “Masih sangat minim, intinya kesadaran masih sangat kurang, padahal dana yang berhasil dikumpulkan itu, seluruhnya disalurkan dan jelas arahnya, artinya tidak ada permainan,”bebernya.

Dana zakat tersebut kata dia,  juga bisa membantu Pemkot Palembang dalam menekan angka kemiskinan, karena penerima dana zakat tersebut adalah memang warga yang kurang mampu, panti asuhan, pesantren dan lainnya.

“Pemkot Palembang bercita-cita menekan angka kemiskinan, yah, salah satunya dengan zakat. Karena zakat ini juga disalurkan kepada masyarakat yang tidak mampu,”ujarnya.

Hidir menambahkan, pihaknya berharap, dengan adanya sosialisasi melalui media, maupun surat edaran kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat meningkatkan kesadaran PNS membayar zakat. “Kami menghimbau, semua pihak untuk dapat membayar zakat, selain manfaat harta yang didapatkan, bisa juga membatu warga kurang mampu,”tukasnya

 

TEKS : ALAM TRIE

EDITOR : ROMI MARADONA

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster