Disperindag Sarankan Banyak Konsumsi Ikan

 196 total views,  2 views today

Konsumsi-Ikan

Konsumsi Ikan. / Foto : Google Image


PALEMBANG, KS –
Masalah distribusi sapi asal Lampung yang lebih sering memilih ke Jakarta dibandingkan ke Sumsel ditanggapi serius oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumsel.  Pasalnya jika ini dibiarkan tentu akan berdampak pada naiknya harga daging dipasaran.

 Oleh karena itu, Kepala Disperindag Sumsel, Permana berusaha menekan konsumsi daging di provinsi ini dengan cara mengajak seluruh masyarakat Sumsel lebih memilih konsumsi ikan yang memang menjadi salah satu komoditi andalan provinsi ini.

“Jika bersaing dengan Jakarta, tentunya peternak Lampung lebih menjual kesana dengan alasan menjanjikan keuntungan yang lebih besar. Jadi, harus dicegah dengan ikan,” terang Permana kepada wartawan di kantornya, kemarin.

Dibeberkannya, saat ini pihaknya memiliki stok 30 ribu ton gabus untuk puasa dan idul fitri mendatang. Nah, jumlah itu diharapkan dapat membuat penyeimbang bagi harga daging.
“Jadi, kita harus menghargai para nelayan yang sudah membuat Sumsel sebagai penghasil ikan terbesar, apalagi Al-Quran juga menyarankan kita mengkonsumsi ikan,” ujarnya.

Saat ini,konsumsi daging di Sumsel mencapai 364,48 kilogram dalam kurun waktu sebulan. Jumlah itu, diyakininya akan meningkat hingga 15-20 persen jelang ramadhan. Jika antisipasi tak dilakukan maka ketakutan akan melonjaknya harga daging bisa menjadi kenyataan.

“Kita juga perlu tahu, kita juga harus melakukan penyesuaian iklim, suhu, dan itu perlu waktu hingga 3-4 minggu baru sapi bisa dipotong. Tentunya itu akan memakan waktu lama,” tegas Permana.

Pihaknya juga tak bisa begitu saja mengandalkan daging impor kecuali memang situasi dalam keadaan darurat.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Muhammad Lutfi ketika ke Palembang menuturkan, Kemendag akan memperbaiki suplai dan rantai suplainya hingga ke tangan pedagang. “Memang harga daging di Sumsel lebih mahal dari Jakarta tetapi masih wajar,” tukas Lutfi.

 TEKS : IMAM MAHFUZ ALI

EDITOR : ROMI MARADONA

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster