Dinas Pertanian Gelar Pasar Tani

 246 total views,  2 views today

Beginilah-suasana-pasar-tani-yang-digelar-Pemkab-OKI.

Beginilah suasana pasar tani yang digelar Pemkab OKI. Foto : Doni / KS

KAYUAGUNG I KS – Harga sayuran yang mulai naik menjelang puasa, pemerintah kabupaten Ogan Komering ilir (OKI)  menggelar  pasar tani murah yang digelar oleh Dinas Pertanian Kabupaten OKI Jumat (20/6) di halaman kantor dinas pertanian,  masyarakatpun berdatangan untuk membeli hasil tani seperti  beras, sayuran, buah- buahan dan bibit tanaman   dengan harga relatip murah di banding pasar umum karena petani jual langsung ke konsumennya.

Kepala  Bagian Bina Pengelolah Produksi Hasil Pertanian (P2HP) Yosi  mengatakan, bahwa  pasar tani ini baru pertamakali digelar oleh pemkab OKI untuk  membina petani yang ada di Kabupaten OKI.

“Selama ini petani tidak menjual hasil produksinya langsung kepada konsumen, tetapi selama ini  hanya menanam kemudian  hasilnya di ambil tangkulak jadi harga ke masyarakat jadi tinggi,” katanya.

Pasar tani ini juga nantinya akan di dibina di setiap kecamatan, sebelumnya pemkab OKI sudah membuka  pasar tani di lubuk seberuk kecamatan Lempuing sejak tahun 2008 sampai sekarang.

“Untuk tahun ini ada 3 lokasi pasar tani yang kita  buka, yakni di pedamaran, lubuk seberuk dan kayuagung, pasar tani ini khusus menjual  hasil pertanian di wilayah  OKI, contohnya beras,sayur-sayuran,cabe, buah-buahan dan lainyan, petani bisa jual langsung dengan konsumen langsung sehinggah harga sangat murah di banding di pasar umum,” ungkapnya.

Sekretaris Dinas Pertanian Irawan Zulkarnain mengatakan bahwa pihaknya akan membuka pasar tani di setiap Kecamatan, Saat ini di buka di halaman kantor dinas pertanian.

“Kita usahan nanti di buka di setiap kecamatan di OKI, untuk 9 bahan pokok lainya  kita akan koordinasi dengan intansi terkait,” ujar Irawan.

 

 TEKS:DONI AFRIANSYAH

EDITOR:RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster