SFC U-21 Tak Gentar Hadapi Timnas U-19

 275 total views,  2 views today

Timnas U-19 bergotong royong mengangkat salah satu gawang dalam sesi latihan sebelum menghadapi tuan rumah Sriwijaya FC U-21 di Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Rabu (18/6).  Foto : Iwan Cheristian

Timnas U-19 bergotong royong mengangkat salah satu gawang dalam sesi latihan sebelum menghadapi tuan rumah Sriwijaya FC U-21 di Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Rabu (18/6).
Foto : Iwan Cheristian

PALEMBANG – Menghadapi Timnas U-19 dalam ajang uji coba yang akan berlangsung, Jum’at malam (20/6) di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), Palembang.

Sriwijaya FC U-21 siap memberi perlawanan ketat terhadap anak asuhan Indra Sjafri. Tidak dipungkiri pelatih Andi Susanto, komposisi timnas U-19 memang dinilai sangat bagus. Mengingat dari 27 laga uji coba yang dijalani, baik di luar maupun di tanah air, Evan Dimas Cs tampil memukau dengan memberikan hasil maksimal, berupa banyak kemenangan.

“Saya tahu timnas sudah banyak jam terbangnya dan penampilan mereka sangat baik. Tapi saya tidak melihat itu. Karena saya yakin anak-anak bisa tampil baik  dengan pemahaman (taktik) yang selama ini saya berikan,”kata Andi Susanto pelatih SFC U-21

Dengan eksprience yang senantiasa diterapkan Andi dalam setiap laga resmi maupun uji coba. Pelatih berlogat Malaysia ini, yakin anak asuhnya mampu meredam kekuatan Evan Dimas dan kawan-kawan.

“Selama ini saya tidak melihat daripada kekuatan lawan. Tapi bagaimana tim kita bisa bermain baik. Saya yakin anak bisa menerapkan apa yang saya inginkan dan insya Allah kita dapat poin penuh,” ungkap Andi.

Sementara itu, kapten tim Hafit Ibrahim, dengan tegasnya mengatakan, bahwa dirinya bersama rekannya siap memberikan perlawan sengit terhadap tim besutan Indra Sjafri.

“Timnas U-19 boleh menang dengan tim-tim lainnya. Tapi menghadapi SFC U-21 belum tentu. Besok (Jum’at malam,20/6) kami akan berikan perlawanan ketat,” tegas pria yang juga penggawa SFC senior itu.

Dari kubu Timnas U-19 sendiri, pelatih Indra Sjafri mengatakan, tur nusantara tahap II ini sama dengan tur-tur sebelumnya. Dimana dalam laga uji coba ini bukan mencari kemenanga, namun bagaimana ia melihat perkembangan dari tim asuhannya.

Bahkan ia tidak terlalu memperhatikan kekuatan lawan, seperti ia membaca strategi musuh saat kompetisi resmi. Indra lebih mengedepankan mencari alternatif strategi, sebagai antisipasi jika ada beberapa pemain timnas yang berhalangan main. Dengan kata lain, Indra ingin, disetiap uji coba dapat hal-hal baru agar saat menjalani pertandingan punya banyak strategi yang bisa diterapkan.

“Tujuan dari tur ini sebenarnya untuk memotivasi pemain-pemain dan SSB yang ada di daerah. Selain itupula, pastinya kita ingin melihat apa lagi yang kurang dari tim kita. Dan kemudian untuk kita evaluasi,” kata Indra.

Menurut Indra, dari 27 uji coba yang telah dijalani, masih banyak yang perlu diperbaiki. “Banyak yg harus diperbaiki pada  lini satu yaitu Defens. Kemudian  Gelandang kurang improvisasi, membuat cara-cara penyerangan, termauk finishing touch,” ujarnya.

Melawan SFC U-21 sendiri, Indra ingin mengedepankan Ichsan Kurniawan sebagai putera daerah agar menjadi motivasi buat pemain-pemain daerah khususnya Sumsel. Maka dari itu, ia memberi penghormatan kepada Ichsan untuk menjadi kapten.

“Ichsan pantas jadi kapten, ia sudah kami anggap sudah jadi pemain inti. Ia pun sering kita  mainkan, kemarin juga turun lawan Pekanbaru,” pungkasnya.

 

TEKS    : IQBAL

EDITOR  : ROMI MARADONA





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster