Revitalisasi, Pasar Cinde Bakal Dibangun Sembilan Lantai

 223 total views,  2 views today

Ilustrasi Pasar Cinde | Dok KS

Ilustrasi Pasar Cinde | Dok KS

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), akan merevitalisasi Pasar Cinde. Dalam rapat bersama di Kantor Gubernur Sumsel, Kamis (19/6), pemerintah mendiskusikan rencana pembangunan Pasar Cinde, menjadi sembilan lantai dan menyelaraskannya dengan beberapa pembangunan monorel.

Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pemprov Sumsel, Ruslan Bahri mengatakan, pembahasan revitalisasi Pasar Cinde baru memasuki tahap awal. Namun PT Aldiron, kelompok perusahaan yang bergerak di bidang properti, pengembangan properti dan manajemen aset, pertambangan, keamanan dan pertahanan, serta perkebunan telah menawarkan diri untuk melakukannya.

“Konsep awal Pasar Cinde dibangun hingga sembilan lantai. Pembahasan pengembangannya baru pra dan tahap awal. Tujuannya untuk mengelola Pasar Cinde menjadi lebih profesional dan mengakomodir seluruh lapisan masyarakat dari bawah hingga atas,” kata Ruslan saat dibincangi di ruang kerjanya, Kamis (19/6).

Ruslan menjelaskan, pengembangan Pasar Cinde Palembang tidak akan mengubah fungsinya sebagai pasar tradisional. Pemerintah katanya tetap akan mengakomodir pedagang yang saat ini menempati lapak Pasar Cinde. Lantai satu dan dua, Pasar Cinde dalam rancangan awal akan menjual barang kebutuhan pokok seperti yang ada sekarang ini.

“Itu akan dibangun sembilan lantai. Tetap ada jualan daging, ikan dan menjadi pasar basah. Pemerintah menjamin itu. Cuma akan lebih tertata, tidak kotor dan berbau. Kalau sebelumnya Pasar Cinde hanya diakses kalangan menengah dan bawah, ke depan akan menjadi pasar tradisional untuk semua kalangan karena sudah tertata dengan baik,” ujarnya.

Meski baru tahap awal rencana, namun Pemprov Sumsel dan PT Aldiron sudah menyepakati desain Pasar Cinde yang baru nantinya terintegrasi dengan Monorel, atau kereta dengan jalur tunggal yang melalui Jalan Jenderal Sudirman. Lalu penginapan murah yang ditempatkan di lantas paling atas bangunan.

“Konsep itu akan menyeluruh, tapi status dan bangunan bawah Pasar Cinde yang menjadi cagar tetap dipertahankan. Nanti investor diberi kesempatan untuk paparan ke Gubernur. Tinggal Gubernur yang memutuskan apakah member kepentingan besar untuk masyarakat Sumsel atau tidak,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palembang, M Sapri Nungsik mengaatkan, pihaknya mendukung rencana revitalisasi Pasar Cinde. Namun Pemerintah Kota (Pemkot) harus melihat terlebih dulu desain dan beberapa hal.

“Disana kan ada aset Pemkot Palembang, maka harus dibahas dulu seperti apa rencana revitalisasi Pasar Cinde. Tapi pada prinsipnya kita mendukung rencana Pemprov Sumsel, apalagi untuk integrasi Monorel,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster