Polisi dan Perampok Sadis Terlibat Baku Tembak, Lima Perampok Tertembak

 303 total views,  6 views today

Kapolres OI, AKBP Asep Jajat Sudrajat disampingi Kasatres AKP Suhardiman (Jongkok), dan Kanit Pidum Ipda Marwan saat mengintograsi pelaku di Mapolres OI.

Kapolres OI, AKBP Asep Jajat Sudrajat disampingi Kasatres AKP Suhardiman (Jongkok), dan Kanit Pidum Ipda Marwan saat mengintograsi pelaku di Mapolres OI.

INDERALAYA  – Petugas gabungan Satreskrim  Polres Ogan Ilir (OI)  dan Polsek Pemulutan terlibat baku tembak dengan sepuluh  anggota komplotan perampok sadis saat penggrebekan di Desa Pipa putih, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan

Illir (OI), Kamis (19/6) kemarin, kurang lebih pukul 01.00 WIB.

Dalam baku tembak tersebut, lima perampok berhasil dilumpuhkan dengan timah panas petugas. Sedangkan lima perampok lagi berhasil kabur. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka tembak dari pihak polisi dalam penggrebekan tersebut.

Kelima pelaku yakni, Andiyadi (21) dan Joni Iskandar, warga Desa Maju Jaya, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten OI. Aprianto (22) warga Desa Sejangko, Kecamatan Rantau Panjang, Ogan Ilir, Romin (29) warga Desa Tanjung Lago, Kecamatan Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin serta Hasan Basri (30), warga Desa Padang Bulan, Kecamatan Jejawi, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Komplotan tersebut melakukan perampokan di rumah Halim Sudirman alias Liem Tiong Hu (55), pengusaha ekspedisi PD Jaya Bersama, warga di Dusun II, Desa Pipa Putih, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten OI, pada Kamis 12 Juni lalu.

Dari tangan kelima tersangka, polisi menyita dua pucuk senjata api rakitan (Senpira), tiga sajam yang biasa digunakan para pelaku. Informasi yang berhasil dihimpun, tim gabungan Polres OI pimpinan Kasatres AKP Suhardiman dan Kanit Pidum Ipda Marwan dan Polsek Pemulutan pimpinan Kanit Res Bripka Arial Fikri bersama Katim Buser Brigpol Zulkarnain Afianata, bersama anggota lainnya, melakukan pengintaian terhadap komplotan tersebut.

Benar saja, komplotan perampok yang berjumlah sekitar 10 orang sedang berkumpul di atas jembatan di Desa Pipa Putih untuk kembali beraksi.

Petugas pun langsung menggerebek dan melakukan penangkapan. Apesnya, saat dilakukan penggerebekan, petugas disambut dengan letusan senjata api pelaku. Tak ayal, terjadi baku tembak antara perampok dan petugas. Lantaran

kehabisan peluru, pelaku langsung membuang senjata dan kabur. Petugas pun langsung memburunya.

Lima pelaku yang sedang kabur langsung diberikan peringatan tembakan ke atas. Namun sayangnya tidak diindahkan para pelaku. Akhirnya, petugas pun mengarahkan senjata ke kaki pelaku.

Lima pelaku terkapar lantaran tertembak kakinya. Kelimanya dibawa ke Mapolres OI bersama barang bukti yakni senpi dan sajam.

Kapolres OI AKBP Asep Jajat Sudrajat didampingi Kasatres AKP Suhardiman, Kanit Pidum Ipda Marwan dan Kapolsek Pemulutan AKP Hermawansyah, mengatakan, para pelaku dikenal sadis dalam menjalankan aksinya.

“Para pelaku telah merampok Halim, pengusaha ekspedisi pada 12 Juni lalu. Pelaku sempat mengikat seluruh penghuni rumah sebanyak tujuh orang termasuk petugas keamanan rumah. Korban Halim menderita kerugian kurang lebih Rp100 juta. Rinciannya ada emas, dolar Malaysia, televisi, uang tunai dan lain-lain,” ucapnya.

Korban Liem Tien Cu saat mendatangi Mapolres OI, membenarkan jika kelima pelaku telah melakukan aksi perampokkan terhadap dirinya.

“Pada saat kejadian, semua pelaku menggunakan topeng sebo dan sempat menghujani beberapa kali tembakan ke arah garasi mobil. Seketita itu juga, kami merasa takut dan hanya pasrah saja di saat pelaku mengambil barang-barang berharga. Putri saya pun sempat ingin diperkosannya. Namun, upaya itu gagal,” kata Liem Tien Cul.

Pelaku Hasan saat ditemui mengakui bahwa dirinya dan rekan-rekannya merampok rumah korban Halim. Dirinya juga mengaku sempat melepaskan tembakan ke arah petugas saat terjadi penangkapan.

“Ya, saya sempat nembak petugas, tapi tidak kena dan langsung saya buang senjatanya. Saya cuma kebagian Rp 1 juta. Yang lain saya tidak tau kabur kemana,” akunya.

 

Teks : Junaedi Abdillah

EDITOR: SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster