Penyakit ISPA Mendominasi

 186 total views,  2 views today

Ispa | net

Ispa | net

PALEMBANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang menghimbau, kepada warga untuk lebih waspada dan lebih menjaga kesehatan. Pasalnya, saat ini berbagai penyakit rentan menyerang tubuh manusia.

Kepala Seksi (Kasi) Data dan Informasi Kesehatan Dinkes Palembang, M Daud Rusdi mengatakan, saat ini penyakit yang paling mendominasi di Palembang adalah penyakit, infeksi saluran pernasapasan akut (ISPA), kemudian hipertensi, gastritis atau gangguan pencernaan (maag), reumatik dan lainnya.

“Data yang kami miliki dari Januari-Mei 2014 dari 39 Puskemas di Palembang, penyakit Ispa yang tertinggi. Hampir setiap puskesmas, penyakit Ispa yang paling tinggi,” kata Daud, Kamis (19/6).

Daud merincikan, jumlah penderita Ispa dari Januari-Mei 2014 sebanyak 79.312 penderita. Disusul hipertensi esensial (primer) sebanyak 30.230 orang. Gastritis ada 23.586 orang, dan gangguan jaringan lunak (reumatik) 18.777 orang. Selain itu, ada juga penyakit lainnya, seperti demam, diare, penyakit pulpa dan jaringan perlapikal, influensa dan penyakit kulit. “Biasanya diare yang paling tinggi, tetapi karena cuaca, Ispa yang paling banyak,” jelasnya.

Daud mengaku, angka penderita tersebut, berdasarkan data pasien rawat jalan. Sedangkan untuk rawat inap di puskesmas masih didominasi oleh persalinan. Sebutnya, di Palembang ada tiga puskesmas yang menerima layanan rawat inap yakni Puskesmas Pembina, Gandus, dan Sei Selincah. “Puskesmas tersebut diperlukan untuk rawat inap, selain lokasi cukup jauh dari pusat kota diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Palembang, Anton Suwindro menambahkan, Dinkes menghimbau agar masyarakat selalu menjaga kesehatan dan kebersihan serta memperhatikan udara dan lingkungan disekitar.

“Selain itu, tidak mengkonsumsi jajanan yang berpotensi terkena debu seperti di pinggir jalan. Kemudian, ketika berkendara terutama kendaraan bermotor, agar dapat menggunakan masker,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster