Surat Suara Pilpres 2014 H-5 di Distribusikan ke PPK

 254 total views,  2 views today

Ilustrasi | Dok KS

Ilustrasi | Dok KS

PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, Rabu (18/6), menerima sebanyak 296 box yang berisikan surat suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres), 9 Juli mendatang.  Surat suara tersebut, setelah di sortir dan dilipat akan di distribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Setelah pembongkaran surat suara ini, kami akan melakukan penyortiran yang akan dilakukan pihak ketiga. Kemungkinan akan dilakukan pada Jumat nanti, dan H-5 sebelum Pilpres, surat suara sudah harus di distribusikan ke PPK” kata komisioner KPU Palembang Divisi Keuangan, Logistik, Umum dan Rumah Tangga, Rudiyanto Pangaribuan, Rabu (18/6).

Ia menyebut, dari 296 box tersebut berisi surat suara sebanyak 1.166.894, sesuai dengan jumlah pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Palembang yakni 1.144.014 pemilih plus dua persen DPT, sebanyak 22. 880 lembar.

Selain itu terdapat satu box berisi surat suara pemilu ulang, dan lembar Daftar Pasangan Calon (DPC) sebanyak tiga box berisi 2.823 lembar. “Sejak semalam sekitar pukul 22.45 WIB, sudah tiba di KPU Palembang. Namun baru pagi ini kita bongkar,” jelasnya.

Dikatakan, surat suara untuk Kota Palembang itu diantar dari PT Temprina Media Grafika di Bekasi, dengan menggunakan satu unit mobil box yang juga berisi surat suara untuk KPU OKU dan OKU Selatan.

Ia menambahkan, pihaknya saat ini baru menerima tinta dan surat suara, dan sekarang masih menunggu fomulir-fomulir yang akan digunakan Pilpres nanti. “Kalau kotak dan bilik sudah kita siapkan, tinggal menunggu logistik lainnya, termasuk alat perlengkapan di TPS,” ucapnya.

Lanjutnya, hingga sekarang pihaknya belum mengetahui, apakah ada surat suara yang tidak layak atau rusak yang diterima KPU Palembang. “Nanti akan kita sampaikan segera ke KPU Sumsel jika ada surat suara yang ternyata rusak,” tukasnya.

Sementara itu, Divisi Pengawasan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Amrullah menjelaskan pihaknya akan terus mengawasi proses penyortiran dan pendistribusian surat suara. “Logistik akan terus diawasi oleh pihak Panwaslu dan Kepolisian dan kami berharap tidak terjadi keterlambatan hingga proses pendistribusian ke PPS,” ujarnya.

Kekurangan 4000 Lembar

Sementara itu, Ketua KPU Muaraenim, Rohani menyebut, surat suara Pilpres 2014 untuk Kabupaten Muaraenim mengalami kekurangan 4000 lembar atau satu box. Harusnya jelas dia, surat suara yang diterima sebanyak 546.812 lembar. Tetapi, yang diterima hanya 542. 812 lembar saja. “Kekurangan tersebut disebakan, surat suaranya masih dipercetakan,” kata Rohani yang dibincangi, kemarin.

Saat ini jelasnya, KPU menerima surat suara Pilpres 2014 sebanyak 136 box. Sedangkan untuk surat suara cadangan sebanyak 1000 lembar atau satu box.  “Surat suara itu, dikirim langsung oleh PT Temprina Media Grafika sebagai rekanan KPU RI yang mencetak surat suara,” tukasnya.

 

TEKS              : ARDHY FITRIANSYAH/SISWANTO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster