Semua Proyek Sudah Ditenderkan

 565 total views,  2 views today

Ilst.

Ilst.

MUARA ENIM – Paket proyek pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim, sudah ditenderkan oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Muaraenim. Namun untuk paket pekerjaan fisik pembangunan jaringan irigasi di Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, belum ditenderkan saat ini.

Kepala ULP Kabupaten Muaraenim, Ibnu Sani mengatakan, proses tender sudah dilalui untuk seluruh paket diatas Rp 200 juta.  “Seluruhnya sudah ditenderkan untuk pekerjaan yang sumber dananya dari APBD induk 2014. Hanya beberapa paket jaringan irigasi Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Muaraenim, yang belum kita tenderkan karena mereka terlambat permohonan pengajuan tender,” kata Ibnu yang dibincangi di ruang kerjanya, Rabu (18/6).

Dikatakan Ibnu, saat ini seluruh paket fisik yang ada dibeberapa dinas seperti Dinas Pendidikan, Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang, Dinas PU Bina Marga dan Pengairan, Dinas Kesehatan dan beberapa dinas lainnya, sedang dalam tahap pengerjaan oleh pemenang tender.

“Posisi kita hanya melakukan tender, soal pelaksanaan di lapangan dimonitor oleh dinas yang bersangkutan. Pada saat proses tender, kita juga melibatkan tenaga ULP yang statusnya masih berada di dinas bersangkutan. Karena kita masih kekurangan tenaga terampil untuk melakukan proses pelelangan,” paparnya.

Soal adanya isu beberapa paket fiktif dalam APBD induk 2014, Ibnu membantahnya. Menurutnya, sampai saat ini belum ditemukan ada proyek fiktif di paket pekerjaan yang sudah ditenderkan tersebut.

Sebab sebagai lembaga yang melakukan proses pelelangan jelasnya, ULP dipastikan akan tahu jika dinas terkait tidak melakukan tender.  “Silahkan saja dipantau, kalau memang ada akan kita tindaklanjuti,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Ibnu juga menerangkan proyek pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) komunal di Kota Muaraenim, yang menjadi menjadi pro dan kontra masyarakat untuk pembangunannya, juga sudah ditenderkan.

“Proyek itu ada di Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang. Program pendanannya rencananya diajukan ke Australian Agency for International Development (AusAID). Tetapi, untuk sekarang ini dianggarkan dalam APBD. Kita sendiri sudah melakukan tender, untuk proyek itu dan sudah ada pemenang tendernya,” tukasnya.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster