Puluhan Senpi, Mesin Judi dan Narkoba Dimusnahkan

 257 total views,  2 views today

FOTO HL- Musnahkan Puluhan Senpi

Suasana Pemusnahkan Puluhan Senpi

PALEMBANG – Sebanyak 24 unit senpi (senjata api) dan 68 unit mesin dingdong dimusnahkan di Rumah Penitipan Barang Bukti Pakjo Palembang Rabu (18/6). Senpi dimusnahkan dengan dipotong menggunakan gergaji, sementara mesin dingdong dimusnahkan dengan cara dilindas menggunakan buldoser.

Dari kejauhan, suara yang dihasilkan dari proses pemusnahan barang bukti itu sudah terdengar. Tak heran, masyarakat yang melintas di depan Rumah Penyimpanan Barang Bukti Palembang berhenti sejenak untuk menyaksikan proses pemusnahan barang bukti tersebut.

Selain senpi dan mesin dingdong, beraneka jensis narkoba juga dimusnahkan. Adapun cara pemusnahanya dilakukan dengan membakar narkoba. Kepulan asap hasil dari pembakaran sudah bisa di lihat dari kejauhan.

Untuk narkoba, barang bukti yang dimusnahkan 1822 gram ganja yang terdiri dari 12 linting dan satu paket kecil, 1822 gram sabu yang terdiri dari satu paket sedang dan 42 paket kecil, dan 276 gram ekstasi terdiri dari 165 butir.

Dikatakan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Palembang, Rustam Daud, barang bukti yang dimusnahkan merupakan barang bukti yang perkara sidangnya sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Barang bukti ini sendiri sudah terkumpul sejak Juli 2013 hingga Mei 2014. Untuk perkara yang belum memiliki kekuatan hukum tetap, barang buktinya belum akan dimusnahkan. “Pemusnahan barang bukti kita lakukan di sini supaya lebih efisien. Pasalnya, barang bukti sudah tersimpan di Rumah Penyimpanan Barang Bukti sejak proses penyidikan,” kata Rustam.

Dalam pemusnahan barang bukti ini, lanjut Rustam, Kejaksaan Negeri (Kejari) Palembang bekordinasi dengan Kepala Rumah Penyimpanan Barang Bukti. Selain itu, Pemkot Palembang juga diajak ikut serta dalam pemusnahan ini. Terbukti, alat potong dan buldoser dipinjamkan Pemkot Palembang dalam proses pemusnahan barang bukti ini.

Sementara itu, Sutopo Berutu selaku Kepala Rumah Penyimpanan Barang Bukti menyambut baik prose pemusnahan yang dilaksanakan di halaman Rumah Penyimpanan Barang Bukti. Ini merupakan pemusnahan perdana yang dilakukan di Rumah Penyimpanan Barang Bukti setelah selama ini dilakukan di Kejari Palembang.

“Ini menjadi pengalaman bersejarah karena baru ini dilakukan di sini. Rumah Penyimpanan Barang Bukti sudah menerima penitipan barang bukti sejak penyidikan, penuntutan, dan barang bukti yang sudah memiliki kekuatan huku tetap,” kata Sutopo.

 

TEKS    : OSCAR RYZAL
EDITOR     : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster