Penyandang Disibilitas Dilatih Mandiri

 258 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

MUARAENIM – Guna membekali keterampilan dan kemandirian bagi warga penyandang cacat atau disibilitas, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Muaraenim, rutin setiap tahun memberikan pelatihan keterampilan bagi warga yang memiliki masalah tersebut.

Melalui pelatihan tersebut, mereka mampu hidup mandiri tanpa bergantung kepada orang lain. Bahkan diharapkan bisa membuka lapangan kerja baru.  “Sekitar 300 warga penyandang cacat, kita latih dan bina setiap tahunnya. Ini dimaksudkan, agar mereka memiliki keahlian dan keterampilan. Sehingga mampu hidup mandiri dan mampu membuka lapangan usaha sendiri,” kata Kepala Dinsos Muaraenim, M. Teguh Jaya, Rabu  (18/6).

Sekarang ini kata Teguh, ada sekitar 3.172 warga penyandang cacat atau disibilitas yang telah terdata dan akan dilakukan pembinaan oleh Dinsos. Namun, setiap tahunnya hanya 300 penyandang cacat, yang akan diberikan pelatihan dan pembinaan.

“Nantinya, setelah mereka kita beri pelatihan keterampilan seperti menjahit, montir, pelatihan perbaikan elektronik dan sebagainya. Maka, mereka akan diberi modal untuk membuka Kelompok Usaha Bersama (KUBE), sehingga bisa mandiri dan membuka lapangan kerja baru,” terang Teguh.

Pada Nopember 2014 mendatang tambah Teguh, pihaknya akan mengadakan study banding bagi penyandang disibilitas ke Cibinong, Jawa Barat tepatnya di Balai Besar Pendidikan Disibilitas.

Diharapkan, nantinya mereka memiliki bekal pengetahuan dan pemahaman mengenai berbagai keterampilan yang mereka akan geluti. “Kita akan berangkatkan sekitar 150 warga penyandang cacat untuk ikut study banding tersebut. Nantinya, mereka juga akan ikut tes, sehingga yang lulus berkesempatan mengenyam pelatihan di Balai Besar Pendidikan Unbilitas Cibinong Jawa Barat,” tukasnya.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster