Pemilih di Empat Lawang Bertambah

 266 total views,  2 views today

Ilustrasi Pemilu 9 April 2014 | Dok KS

Ilustrasi Pemilu 9 April 2014 | Dok KS

EMPAT LAWANG – Jumlah pemilih di Kabupaten Empat Lawang, untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang, yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) bertambah jika dibandingkan dengan jumlah pemilih yang masuk dalam DPT di Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), 9 April lalu.

Pemilih yang masuk DPT untuk Pilpres 2014 menurut Ketua KPU Empat Lawang, A Rivai melalui Sekretaris M Mursadi, sebanyak 181.487 pemilih. Sementara di Pileg lalu, jumlah pemilih sebanyak 180.000 orang. “Artinya ada penambahan sekitar 1000 pemilih. Penambahan didominasi pemilih pemula, atau masyarakat yang tercatat usia masuk 17 tahun keatas,” kata M Mursadi, Rabu (18/6).

Dijelaskan Mursadi, pengesahan DPT Pilpres Empat Lawang dilakukan KPU RI beberapa hari lalu. Selain pengesahan mata pilih, ada juga pengajuan perampingan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Muara Pinang. Di kecamatan tersebut, delapan TPS dihapuskan.

Dengan demikian, total TPS pada Pilpres 9 Juli nanti berjumlah 545 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Empat Lawang. Nah, untuk DPT setelah hasil penyisiran ulang kembali oleh KPU Kabupaten Empat lawang, dan menyempurnakan data DPT dari daftar pemilih sementara hasil pemuktahiran (DPSHP) menjadi jumlah DPT.

“Jadi konkritnya DPT bertambah sekitar 1000 orang dan TPS berkurang delapan titik,” kata Mursadi seraya menambahkan, pertambahan pemilih pemula tersebut merata hampir di setiap kecamatan.

Mengenai tahapan-tahapan kata Mursadi, akan dibenahi agar kejadian pada pileg yang sempat ribut-ribut soal kotak suara di salah satu kecamatan tidak terulang kembali. “Kita ingin meningkatkan kualitas demokrasi, tentu tak hanya KPU tapi Panwaslu, timses, pihak keamanan dalam hal ini TNI dan Polri,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Empat Lawang, H Basri Soni yakin pelaksanaan Pilpres 2014 di Kabupaten Empat Lawang berjalan tertib, sebab tak ada tedensi apapun dengan adanya pelaksanaan pilpres.

“Tidak ada kepentingan langsung pilpres terhadap daerah,” kata Basri seraya mengajak masyarakat, untuk  menggunakan hak pilihnya dengan mencoblos salah satu pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) demi kemajuan Indonesia dan Kabupaten Empat Lawang.

Ditempat berbeda, Kepala Kepolisian Resort (Polres) Empat Lawang, AKBP M Ridwan menegaskan, polri siap menjaga keamanan pilpres. “Saya juga pastikan, semua anggota Polri akan netral dalam penyelenggaraan Pilpres,” tukasnya.

 

TEKS              : SAUKANI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster