Pedagang Petasan di Palembang Akan Ditertibkan

 282 total views,  2 views today

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Djarod Padakova

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Djarod Padakova

PALEMBANG – Petasan dan mercon yang dijajahkan oleh pedagang disejumlah tempat di Kota Palembang akan di lakukan penertiban, demi keamanan dan kenyamanan masyarakat untuk melakukan ibadah menyambut bulan ramadan dan hari raya idul fitri.

Hal ini disampaikan oleh Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Djarod Padakova, mengatakan Polda Sumsel dan jajaran dalam waktu dekat akan terjun ke lapangan untuk mentertibkan pedagang-pedagang petasan. Terlebih, Polda Sumsel dan jajaran sudah banyak menerima keluhan dari masyarakat terkait penggunaan petasan.

“Kita terima dari laporan masyarakat, baik melalui Hotline Service maupun laporan langsung, tentang maraknya penggunaan petasan. Tentunya ini akan segera kita dalami dengan terjun langsung ke lapangan,” kata Djarod, Rabu (18/6).

Djarod menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan petasan. Pasalnya, petasan bisa menganggu kekhusyukan ibadah umat Islam yang tengah menjalani ibadah puasa. Selain itu, petasan bisa membahayakan si penggunanya sendri juga orang yang ada di sekitar.

“Dengan petasan, bisa terjadi kebakaran. Akan kita beri teguran sebagai langkah awal dan penyitaan jika masih kedapatan menjual dan menggunakan petasan. Kita juga akan kordinasi dengan instansi terkait untuk menyikapinya,” kata Djarod.

Seiring kian dekatnya bulan ramadhan yang tinggal menghitung hari, pedagang petasan memang kian menjamur. Mulai dari Pasar Plaju, Pasar Lemabang, Pasar 16 Ilir, dan beberapa pasar tradisional lainya sudah bisa dilihat dengan jelas pedagang petasan beroperasi.

Dalam satu kawasan pasar, bisa terdapat lebih dari satu pedagang petasan yang berjualan dengan menggunakan meja non permanen. “Yang banyak dicari itu petasan roket dan korek api. Yang beli muali dari anak-anak hingga remaja,” kata salah satu pedagang petasan di Pasar Plaju Palembang.

Sementara itu, untuk kawasan tepi jalan protokol, belum dijumpai adanya pedagang petasan. Namun, melihat dari tahun-tahun sebelumnya, tepi jalan protokol akan mulai dihiasi pedagang petasan di saat bulan ramadhan kian dekat. Adapun kawasan protokol yang biasa dijadikan tempat beroperasi pedagang petasan adalah Jalan Kolonel H Barlian, Jalan Merdeka dan Jalan Jenderal Sudirman.

 

TEKS : OSCAR RYZAL

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster