Kecamatan Muara & Margo Telang Minim Perhatian

 321 total views,  2 views today

Aktivitas Bongkar Muat Buah Kelapa Di Pasar Sekanak Palembang | Iwan Cheristian

Aktivitas Bongkar Muat Buah Kelapa Di Pasar Sekanak Palembang | Iwan Cheristian

BANYUASIN – Nama Kecamatan Muara Telang dan Marga Telang, Kabupaten Banyuasin, cukup dikenal hingga ke mancanegara. Hal itu disebabkan, dua kecamatan tersebut adalah sentra penghasil kelapa di Banyuasin.

Walau pun demikian, perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin terhadap dua kecamatan ini, masih minim. Sampai saat ini menurut anggota DPRD Banyuasin, HA Rasyid, tidak usaha dinas terkait untuk membina masyarakat untuk meningkatkan pendapatan mereka.

“Masyarakat di dua kecamatan tersebut, 99 persennya menggantungkan hidup mereka dari tanaman kelapa. Namun sangat disayangkan, kelapa yang dihasilkan dari kebun mereka langsung dijua butiran ke pasar. Sementara sabut dan batok kelapa, banyak yang dibakar,” kata anggota dewan yang terpilih dari daerah pemilihan (dapil) Muara Telang, Banyuasin II dan Marga Telang ini.

“Sebenarnya limbah dari kelapa itu, masih bisa dimanfaatkan agar bisa meningkatkan pendapatan masyarakat. Tetapi masyarakat belum mengetahuinya, karena tidak ada perhatian dari pemerinah untuk membinanya,” ucap Rasyid saat dibincangi di ruang kerjanya, Rabu (18/6).

Karenanya ia berharap Pemkab Banyuasin, dapat memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat dalam meningkatkan penghasilan dengan cara mengelola hasil kebun mereka secara maksimal.

“Misalnya, bagaimana memanfaatkan air kelapa menjadi sari kelapa. Selama ini, air kelapa itu hanya dibuang saja oleh masyarakat. Begitu juga dengan tapas dan lidi dan dahan kelapa, bisa dimanfaatkan untuk kerajinan tangan,” ucapnya.

Ia yakin, jika masyarakat dibantu untuk memaksimalkan limbah dari kelapa tersebut maka ekonomi warga akan meningkat. Apalagi jika kedepannya, Pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA) kian ramai. Masyarakat tentu menurutnya, bisa menjual semua produk berbahan kelapa disepanjang Jalan TAA.

 

TEKS              : DIDING KARNADI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster