Tahanan Narkoba Kelabui Test Urine Dengan Air Putih

 220 total views,  2 views today

MARTAPURA  – Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) dengan Satres Polres OKU Timur serta Rutan Cabang Martapura, Selasa (17/6/2014), melakukan tes urine kepada para petugas dan seluruh tahanan. Tes urine sendiri digelar mulai pukul 09.00 WIB dan difokuskan untuk para tahanan narkoba yang berjumlah sebanyak 63 tahanan, serta ditambah 17 petugas rutan Martapura.

Pada saat berlangsungnya test itu, ada beberapa tahanan sempat berusaha mengelabui petugas dengan mengisi penampung urine menggunakan air putih. Seperti yang dilakukan seorang tahanan bernama Ledi.

Dia diketahui mengelabui petugas BNK bekerjasama dengan Dinas Kesehatan yang akan melakukan pemeriksaan dengan mengisi tempat urine menggunakan air putih. Petugas yang akan melakukan pemeriksaan urine, Ledi yang mendapat nomor urut satu mengembalikan kotak urine tersebut kepada petugas rutan.

“Maaf pak. Siapa nama yang nomor satu tadi agar ganti. Ini bukan urine melainkan air putih,” ungkap seorang petugas BNK.

Mengetahui isi botol tersebut adalah air putih, petugas rutan kemudian kembali memanggil Ledi dan memintanya untuk mengambil kembali urine dengan serius.

Kepala BNK OKU Timur, Efendi Jamal Ratu Aji mengatakan, tes urine yang dilaksanakan bekerjasama dengan Satnarkoba dan Rutan Cabang Martapura serta unsur lainnya itu, dalam rangka pelaksanaan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Kita melibatkan berbagai unsur kelembagaan terkait, seperti Polres, Dinkes, Rutan, Pol-PP dan unsur terkait lainnya dalam melakukan pencegahan dengan melakukan pembinaan terhadap masyarakat agar menghindari bahaya narkoba,” terangnya.

Kepala Rutan Cabang Martapura saat dikonfirmasi mengatakan, pengawasan untuk para tahanan rutan khususnya tahanan narkoba, dipisahkan dengan tahanan lainnya dengan pengawasan yang dilakukan dengan ketat.

“Setiap kunjungan ataupun ada besukan, kita lakukan pemeriksaan agar tidak terjadi kebocoran. Dan hingga saat ini belum ada kebocoran di rutan ini. Untuk mengantisipasi adanya peredaran narkoba di kalangan napi, kita juga melakukan razia setiap minggu,” tutupnya.

 

TEKS   : MUSLIM

EDITOR  : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster