Rp 10 M untuk Fasum

 239 total views,  2 views today

PALEMBANG – Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) RI, memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang sebesar Rp 10 miliar. Bantuan tersebut diperuntukkan bagi developer, yang melakukan pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Kepala Bidang (Kabid) Perumahan, Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PU CK) Kota Palembang, Albert Medianto mengatakan, dana ini akan digunakan untuk membantu para developer dalam membangun fasilitas umum (fasum), seperti jaringan air bersih, jaringan listrik, dan tempat pembuangan sampah terpadu. “Semua dana tersebut diberikan secara gratis kepada developer, yang sudah melakukan pembangunan rumah bagi MBR,” terang Albert, kemarin.

Albert menyebutkan, ada beberapa syarat apabila developer ingin mendapatkan bantuan tersebut. Diantaranya, rumah yang dibangun sudah memiliki izin mendirikan bangunan (IMB), dan sedikitnya ada 200 unit rumah bagi MBR yang sudah dibangun.

“Sementara untuk administrasi, developer akan mengisi beberapa blangko yang tersedia di Dinas PU CK. Saat ini kami sudah mendata sebanyak 28 developer,  yang sudah membangun perumahan bagi MBR di Palembang. Mereka akan mendapatkan bantuan untuk pembangunan fasum di kompleks perumahan, yang mereka sudah bangun.

Namun sebut Albert, jika ada developer lain yang berminat dipersilakkan mendaftar langsung ke Dinas PU CK Kota Palembang. Ia juga menerangkan, selain memberikan bantuan untuk developer, mereka juga akan memberikan bantuan kepada para pemilik rumah untuk membangun jaringan jalan.

“Bantuan prasarana umum ini, diberikan dalam bentuk uang tunai. Satu rumah bantuannya Rp 4,5 juta, persyaratannya sama dengan bantuan developer. Namun jumlah rumah yang mendapatkan bantuan minimal 300 rumah,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster