Perjuangan Qori dan Qoriah Sumsel Sebagai Peserta MTQ Internasional

 327 total views,  2 views today

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), akan mengupayakan qori dan qoriah dari Sumsel, turut andil sebagai peserta dalam Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat dunia.

Kepala Biro Kesra Sumsel, Richard Cahyadi mengatakan MTQ tingkat nasional di Kepulauan Riau, akan menjadi tolak ukur dalam MTQ Internasional nanti, dan Sumsel telah mampu meraih 10 besar.

“Karena ini kafilah Sumsel diusahkan, akan mewakili Indonesia di ajang tersebut. Ini wajar, apalagi qori dan qoriah kita memang menjadi juara 1, 2 dan 3 saat MTQ tingkat nasional kemarin,” kata Richard yang dibincangi, Selasa (17/6).

Menurut Richard, pembinaan yang dilakukan pemprov sebenarnya sudah cukup baik, hanya saja memang seringkali menemui kendala saat perjajakan perlombaan keluar daerah. “Seperti yang juara dari Papua Barat itu sebenarnya dari juara II Sumsel, karena kita ini memang seringkali demam panggung. Makanya kita minta bina dengan hakim nasional, mengenai di titik mana kelemahan kafilah kita. Selama ini dibina di Sumsel saja, karena memang sering ada demam panggung ketika berada di nasional,” terangnya.

Sumsel sendiri, akan menjadi tuan rumah MTQ tingkat internasiona tersebut. Sudah ada 200 peserta dari 35 negara yang dipastikan akan mengikuti ajang tersebut. Pelaksanannnya akan digelar di Palembang Sport Convention Centre (PSCC). “Saat ini, kita sedang mempersiapkan segala sesuatunya untuk menimbulkan kesan baik di mata kontestan. Kita tidak ingin ini, dianggap biasa-biasa saja,” ujarnya.

Sebelumnya, Asisten III bidang Kesra Pemprov Sumsel, Ahmad Najib mengatakan pada event tersebut, juga akan dimeriahkan oleh penyanyi kelahiran Libanon, Maher Zein. “Setiap event yang kita gelar di Sumsel selalu kita evaluasi, kita ingin dunia takjub dengan Sumsel. Kalau saat pembukaan nanti bagus, kesan ini akan dibawa kontestan ke masing-masing negaranya,” tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster