Kapolda Imbau Anggota Polri Harus Netral

 294 total views,  2 views today

 

LUBUKLINGGAU  – Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Saud Usman Nasution mengimbau anggota polri tidak memihak pada salah satu calon presiden dan harus netral, sehingga pelaksanaan Pilpres 2014 berjalan lancar, aman, dan demokratis.
Bagi anggota polisi ketahuan berpihak pada salah satu capres akan dikenakan sanki tegas sesuai disiplin kepolisian karena polisi menjadi tauladan dari masyarakat, kata Kapolda Irjen Pol Saud Usman Nasution, Selasa.
Saat meninjau kesiapan pengamanan Pilpres di Polres Musirawas dan Kota Lubukinggau, Senin (16/6) ia menyatakan, selain meningkatkan pengamanan menjelang dan pasca Pilpres juga selalu kerja sama melibatkan masyarakat dan mitra satuan pengamanan termasuk para tokoh pemuda dan organisasi lainnya.
Personel yang akan dikerahkan untuk pengamanan Pilpres di wilayah Sumsel tidak berbeda dengan jumlah pada pengamanan Pemiliha Legislatif belum lama ini yakni sekitar 8.000 orang.
Namun demikan tetap memenuhi sesuai kebutuhan, terutama daerah titik rawan kriminal di beberapa kabupaten/kota di wilayah Sumatera Selatan, meskipun hingga saat ini kondisinya cukup kondusif, ujarnya.
Kapolres Musirawas AKBP Chaidiri mengatakan akan meningkatkan keamanan menjelang pelaksanaan Pemilihan Presiden 9 Juli 2014, apa lagi wilayah itu berada pada poros Jalan Lintas Sumatera.
“Kita rutin menggelar razia pada beberapa titik Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) untuk mengantisipasi kemungkinan kelompok yang tidak bertanggung jawab untuk mengganggu pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014,” katanya.
Ia mengatakan dalam pengamanan Pilpres 9 Juli 2014 Polres Musirawas akan menyiagakan 420 personel dan sama dengan pengamanan Pemilihan Legislatif 9 April 2014.
Pada saat pemungutan suara Pilpres nanti akan ditambah dua pleton Brimob dan satu pleton tenaga Pengendalian Massa (Dalmas) dari Polda Sumatera Selatan.
Mengenai indikasi ada kampanye hitam dari tim dua calon Presiden priode 2014-2019 yakni tim Prabowo-Hatta dan Joko Widodo-Jusuf Kalla hingga saat ini belum ada, baik di wilayah Kabupaten Musirawas muapun Kabupaten Musirawas Utara.
Untuk memantau dugaan itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk proaktif mengawasi kegiatan orang-orang yang akan melanggar undang-undang tersebut dan segera laporkan ke Komisi Pemilihan Umum atau Panitia Pengawas Pemilu setempat, ujarnya.

 

TEKS   : T MASRISYAH

EDITOR  : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster