Jalan Provinsi Kian Memprihatinkan

 222 total views,  2 views today

Kondisi jalan provinsi di Kabupaten Empat Lawang, kian memprihatinkan. Salah satunya di Desa Padang Bindu, Kecamatan Pendopo Barat, yang badan jalannya amblas dan belum juga diperbaiki. Foto: Saukani

Kondisi jalan provinsi di Kabupaten Empat Lawang, kian memprihatinkan. Salah satunya di Desa Padang Bindu, Kecamatan Pendopo Barat, yang badan jalannya amblas dan belum juga diperbaiki. |  Foto: Saukani

EMPAT LAWANG – Kondisi jalan provinsi di Kabupaten Empat Lawang kian memprihatinkan. Pantauan Kabar Sumatera, Selasa (17/6), belasan titik amblas semakin parah dan membahayakan pengendara. Seperti salah satu titik di Desa Padang Bindu, Kecamatan Pendopo Barat, terjadi amblas hingga belasan meter.

Bahkan, jalur Pendopo-Tebing Tinggi ini terancam putus total jika tidak segera dilakukan perbaikan. Ironisnya lagi, beberapa titik amblas sudah terjadi beberapa bulan namun belum ada upaya perbaikan.

Tak hanya di Desa Padang Bindu, kondisi yang sama juga terjadi di Desa Batu Paceh, Kecamatan Tebing Tinggi. Kerusakan jalan juga terjadi, dan membutuhkan perbaikan secepatnya agar pengguna jalan tidak khawatir saat melintas.

Hal ini terlihat dibeberapa titik ruas jalan, kerusakannya sudah memprihatinkan. Banyak sekali lubang-lubang besar mengangga di badan dan tepian jalan, sehingga sangat mengganggu pengendara kendaraan.

“Sudah beberapa bulan, bahkan satu tahun terakhir, jalanan ke Pendopo ini rusak,” keluh Yansah (35), salah satu pengendara kendaraan yang dibincangi, kemarin.

Bahkan terangnya, ada salah satu titik jalan dimana sudah separuh badan jalannya amblas, dan sangat membahayakan pengguna jalan. “Kalau tidak antri dan gantian, kecelakaan pasti terjadi,” ujarnya.

Keluhan senada disampaikan Yuli (40), warga lainnya. Menurutnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), sejauh ini terkesan lamban memperbaiki jalan yang rusak.

Buktinya sebut dia, ruas jalan provinsi di Kabupaten Empat Lawang dibiarkan terus kondisinya rusak tanpa ada perbaikan. “Kami sangat berharap, pemkab bisa segera bertindak. Kalau terus didiamkan, kondisinyo pasti semakin parah dan bisa putus,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga (BM) Empat Lawang, Fauzi saat dikonfirmasi menyebut, jalan yang rusak tersebut statusnya jalan provinsi bukan jalan kabupaten. Sehingga tanggungjawab perbaikannya, berada di Dinas PU BM Sumsel.

“Kami sudah melaporkan kondisi jalan yang rusak itu, ke Pemprov Sumsel melalui dinas terkait. Secara rutin, setiap ada kerusakan jalan provinsi, secepatnya kami laporkan ke pemprov,” ucap Fauzi.

Fauzi berharap, Pemprov Sumsel segera turun ke lapangan untuk mengetahui secara detail kerusakan jalan provinsi yang ada di Kabupaten Empat Lawang. “Bukan hanya masyarakat yang berharap jalan tersebut diperbaiki, kami juga ingin agar setiap ada jalan yang rusak segera diperbaiki,” ujarnya seraya menambahkan beberapa waktu lalu Pemkab Empat Lawang, pernah menurunkan alat berat untuk memperbaiki jalan provinsi yang rusak agar pengendara bisa melintas.

 

TEKS              : SAUKANI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster