Cegah Narkoba Melalui Seni dan Budaya

 261 total views,  2 views today

ilustrasi (foto: Thinkstock)

ilustrasi (foto: Thinkstock)

PALEMBANG – Bahaya narkoba terus mengintai kalangan generasi muda. Untuk mencegah penyalahgunaan narkoba tersebut, Bidang Penais, Zakat dan Wakaf  Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag)  Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar Sosialisasi Penenggulangan Narkoba Melalui Seni dan Budaya di Hotel Grand Duta Palembang, Selasa (17/6)

Menurut KaKanwil Kemenag Prov Sumsel, Hambali dalam sambutannya menjelaskan tujuan digelarnya kegiatan ini untuk memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai penanggulangan narkoba melalui seni dan budaya kepada seluruh peserta. Hal ini dilakukan sekaligus untuk mencegah maraknya penggunaan narkoba di kalangan remaja. Oleh sebab itu  perlu ada upaya pencegahan, dan salah satunya melalui seni dan budaya.

“Penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda kian meningkat. Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda, dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa terutama pada masa depannya. Oleh sebab itu dengan sosialisasi ini diharapkan dapat mencegah terjadinya peredaran narkoba di kalangan generasi muda,” katanya, Selasa (17/6).

Ditambahkan Hambali, generasi muda sebagai sumber daya insani bagi pembangunan nasional diharapkan mampu memikul tugas dan tanggungjawab untuk kelestarian kehidupan bangsa dan negara di masa mendatang. Untuk itu, kita semua berkewajiban untuk meningkatkan kualitas hidup dengan pola hidup yang sehat, baik jasmani, rohani maupun sosialnya. Salah satu cermin kehidupan yang sehat berkualitas adalah bebas dari narkoba dan sejenisnya.

“Tingkat pemakai narkoba di Indonesia sangat tinggi, hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya pengguna narkoba seperti para remaja, mahasiswa maupun orang dewasa. Hal ini terjadi dikarenakan kurangnya kesadaran diri serta sedikitnya kegiatan positif, seperti penyuluhan narkoba di kalangan masyarakat khususnya para remaja. Oleh karena itu, kita harus peduli dan berusaha untuk mengurangi pemakaian narkoba di Indonesia. Melalui kegiatan positif seperti yang diadakan  ini, penyuluhan narkoba dan pemberian keterampilan kepada para remaja dan kalangan masyarakat akan dapat mengurangi bahaya narkoba, khususnya di kalangan remaja,” tegas Hambali.

Lebih lanjut Hambali menjelaskan, diperlukan upaya-upaya konkrit untuk mengatasi tertularnya para generasi muda dalam mengkonsumsi narkoba. Antara lain dengan meningkatkan iman dan taqwa, melalui pendidikan agama dan keagamaan, meningkatkan peran keluarga melalui perwujudan keluarga sakinah, penanaman nilai sejak dini, bahwa narkoba adalah haram serta meningkatkan peran orang tua dalam mencegah narkoba.**

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster