DKK Kota Palembang Jajaki Kerja Sama dengan Pengangkut Sampah Swasta

 574 total views,  2 views today

Ilustrasi Motor Sampah

Ilustrasi Motor Pengangkut  Sampah | Ist

UNTUK mengatasi permasalahan sampah tersebut Dinas Kebersihan dan Keindahan (DKK) Kota Palembang menjajaki kerja sama dengan pengangkut sampah swasta agar membayar retribusi ke kas daerah setempat. Di antara langkah-langkah  yang dilakukan oleh DKK Palembang  yakni  telah berkomunikasi dengan ketua pengangkut sampah swasta untuk berperan aktif dalam membayar retribusi ke kas daerah.

Kita mengharapkan pengangkut sampah swasta tersebut dapat  melayani mayoritas warga Kota Palembang. Sebab mereka berkeliling ke pemukiman terutama komplek perumahan dengan menggunakan motor sampah. Sampai kini berdasarkan pendataan  sebanyak 286 unit motor sampah beroperasi di Kota Palembang. Motor sampah tersebut dengan dua petugas pemungut sampah di rumah-rumah biasanya berkeliling. Sedangkan biaya bulanan yang dikeluarkan masyarakat atas jasa pengangkutan sampah tersebut berkisar Rp. 20.000 per rumah. Namun, sampai kini belum ada kontribusi ke kas daerah, padahal mereka membuang sampah ke tempat pembuangan sementara atau tempat pembuangan sampah (TPS) milik pemkot setempat.

Kita mengharapkan retribusi dari jasa pengangkutan sampah di Kota Palembang meningkat sampai Rp4 miliar dari sebelumnya Rp. 3 miliar. Untuk itu diperlukan sosialisasi kepada yang berkepentingan agar semuanya bahu membahu mengatasi masalah sampah di perkotaan ini.

 

TEKS: ALAM TRIE PUTRA

EDITOR: SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster